Tips memilih obat tetes mata yang cocok

Musim kemarau telah tiba, biasanya akan selalu diikuti dengan cuaca panas berdebu yang sering mengakibatnya masalah gangguan mata. Untuk itu sangat penting untuk memeriksa kembali kotak penyimpanan obat anda dan memastikan bahwa telah tersedia obat tetes mata untuk berjaga-jaga di saat diperlukan.

Pastikan bahwa obat mata simpanan anda dalam kondisi baik dan tidak kadaluarsa. Yang juga perlu diperhatikan adalah mungkin sebagian orang belum tahu bahwa tidak semua gejala masalah gangguan mata cocok dengan satu jenis obat tetes mata. Dengan kata lain, obat tetes mata yang telah anda miliki mungkin tidak cocok dengan kondisi gangguan mata tertentu.
obat-tetes-mata
Obat tetes mata
obat-tetes-mata
Obat tetes mata artificial tears
obat-mata
Obat mata reguler

Sebagai contoh, saat mata anda mengalami gangguan mata merah, mungkin anda akan cocok menggunakan obat tetes mata yang mengandung dekongestan. Obat mata jenis ini sangat familiar karena sering diiklankan di media. Namun, obat tetes mata yang mengandung dekongestan tidak cocok diaplikasikan pada mata yang mengalami gangguan mata kering. Untuk mata kering, obat tetes mata yang cocok adalah yang berfungsi melumasi (artificial tears). Pada dasarnya ini adalah pelumas mata, dan untuk mengenali obat tetes mata jenis ini cukup mudah karena biasanya memakai kata tears di dalam kemasannya. Contoh; Rohto Tears, Visine Tears, Braito Tears dst.

Beberapa gangguan kesehatan mata dan obat mata yang cocok untuk mengatasinya

Agar lebih jelasnya saya akan memberikan daftar tentang beberapa masalah gangguan pada mata yang umum terjadi beserta obat mata yang cocok untuk mengatasinya:

  • Mata merah. Mata merah adalah masalah gangguan mata yang paling sering terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bisa karena alergi, infeksi ataupun karena mata lelah. Pada umumnya akan bisa segera diatasi dengan obat tetes mata yang mengandung dekongestan
  • Mata belekan. Biasanya disebabkan oleh infeksi (konjunctivitis), gejalanya ditandai dengan mata merah, berair serta produksi kotoran mata secara berlebihan (belekan). Saat anda mengalami kondisi ini, adakalanya pelumas mata bisa cukup membantu mengurangi rasa panas pada mata.
  • Mata gatal. Obat mata yang cocok untuk mengobati mata gatal adalah obat tetes mata antihistamin. Saat mata anda terasa gatal jangan digaruk atau dikucek karena akan membuat kondisi mata lebih parah.
  • Mata kering. Seperti namanya, mata kering adalah suatu kondisi gangguan pada mata yang mengakibatkan berkurangnya kelembaban mata. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena cuaca, dehidrasi, efek samping obat dan banyak lain. Gejalanya adalah mata seperti berpasir, mata terasa panas dan pedih, mata merah, Untuk mengatasi mata kering, obat tetes mata yang paling cocok adalah yang berfungsi sebagai air mata buatan (artificial tears). Obat tetes mata ini berfungsi menambah tingkat kelembaban pada mata. Jangan menggunakan obat mata yang mengandung dekongestan untuk mengobati mata kering karena dekongestan berfungsi untuk mengecilkan pembuluh darah yang dapat memperparah kondisi mata kering.
Itulah tips memilih obat tetes mata yang cocok untuk berbagai kondisi masalah kesehatan mata yang terjadi. Pada umumnya beberapa gejala gangguan pada mata yang sering terjadi, bisa diatasi dengan penggunaan obat tetes mata yang cocok, namun ada kalanya dibutuhkan obat mata khusus yang penggunaanya harus dalam pengawasan dokter. Segera periksakan ke dokter jika sakit mata tidak mereda atau bertambah parah.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S