Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Wajan besi memiliki keistimewaan tersendiri bagi para chef maupun ibu-ibu rumah tangga yang gemar memasak terutama nasi goreng dan chinese food. Walaupun memang wajan besi cenderung lebih berat dan berharga lebih mahal serta lebih membutuhkan perawatan ekstra, namun tetap saja wajan besi memiliki keunggulan yang tidak dimiliki wajan teflon maupun wajan steinless. Saya bukanlah ibu-ibu ataupun seorang chef, namun kali ini saya ingin berbagi pengalaman serta tips membersihkan dan merawat wajan besi yang baru dibeli.

Ada dua jenis wajan besi, yakni wajan besi tempa dan wajan besi cor. Wajan besi tempa adalah wajan yang biasa dipakai oleh restoran chinese food atau penjual nasi goreng. Baru-baru ini saya membeli sebuah wajan besi tempa berkualitas bagus berdiameter 40 cm dengan ketebalan 2 mm seharga Rp.275.000. Jika anda memutuskan untuk membeli sebuah wajan besi, pastikan untuk membeli wajan besi dengan kualitas bagus karena banyak dijual wajan besi berkualitas jelek yang terbuat dari bahan besi bekas drum. memang harganya jauh lebih murah namun anda tidak akan mendapatkan keunggulan yang dimiliki wajan besi tempa berkualitas baik.
Wajan besi tempa

Wajan besi yang baru kita beli tidak boleh langsung dicuci dengan air atau langsung digunakan untuk memasak. Hal ini karena biasanya ada lapisan seperti lem yang berfungsi untuk mencegah wajan besi dari karatan. Yang kedua adalah karena bahan besi itu sendiri masih "muda" sehingga jika dipakai untuk memasak akan luntur yang mengakibatkan makanan yang kita masak menjadi bau besi. Untuk itu ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan atau istilah lainnya adalah seasoning agar wajan besi yang baru kita beli tidak lengket dan siap untuk dipakai memasak.

Ketebalan wajan besi
Pertama-tama siapkan beberapa bahan yang akan kita gunakan yakni arang, kertas gosok nomer 400, parutan kelapa, ember air besar dan kayu untuk memegang wajan panas. Berikutnya olesi permukaan wajan dengan minyak goreng kemudian masukan arang ke wajan sampai memenuhi wajan, semakin besar wajan semakin banyak pula arang yang dibutuhkan. Selanjutnya bakar arang didalam wajan hingga terbakar merata selama kira-kira satu jam. Setelah wajan terbakar merata yang ditandai dengan warna hitam jelaga pada seluruh permukaan wajan, sisihkan arang yang tersisa kemudian dengan cepat masukkan wajan ke air.
Proses seasoning wajan besi
Anda harus sangat berhati-hati dalam melakukan ini. Lebih baik jika proses ini dilakukan di luar ruangan atau tanah lapang dan jauh dari benda-benda yang mudah terbakar untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah wajan dingin, gunakan kertas gosok atau amplas untuk menggosok permukaan wajan bagian dalam (bagian yang untuk memasak) agar bersih dari jelaga dan lapisan lem. Setelah wajan besi bersih dan mengkilat, cuci menggunakan sabun dan keringkan.

Sampai tahap ini bahan besi dari wajan telah menjadi "tua" dan tidak akan mudah berkarat dan luntur saat digunakan untuk memasak. Namun prosesnya belum selesai, berikutnya gunakan wajan untuk menyangrai parutan kelapa sampai kelapa berwarna kecoklatan dan harum. Proses ini berfungsi untuk menghilangkan bau besi pada wajan dan minyak yang dihasilkan oleh parutan kelapa yang di sangrai akan meresap pada pori-pori wajan membuat wajan besi menjadi anti lengket.

Itulah tips membersihkan dan merawat wajan besi yang baru dibeli agar tidak mudah berkarat dan lengket serta untuk menghilangkan bau besi. Proses ini hanya perlu dilakukan sekali seumur hidup pada saat wajan baru dibeli.

Popular posts from this blog

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S