Cara hilangkan bekas cacar air

Hampir semua kita pernah mengalami yang namanya cacar air. Ini adalah penyakit menular yang lumrah dialami anak kecil atau remaja di negara tropis seperti Indonesia.

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini ditandai dengan lenting-lenting (plentingan) yang utamanya terdapat di badan serta wajah.
menghilangkan-bekas-cacar-air
Bekas cacar air

Supaya tidak meninggalkan bekas, usahakan lenting-lenting tersebut tidak terjadi infeksi dan tidak terkelupas dengan paksa. Jadi usahakan menjaga kebersihan, dengantetap mandi secara teratur, bisa menggunakan sabun antiseptic cair.

Selesai mandi, saat mengeringkan badan, handuk cukup ditepuk-tepukkan, jangan digosokkan. Bila terjadi infeksi atau timbul lecet karena terkelupas dengan paksa, oleskan salep yang mengandung antibiotika.

Bahkan, saat lenting-lenting sudah mengering menjadi keropeng, biarkan terkelupas dengan sendirinya. Jangan coba-coba menggaruknya!

Bagi anda yang saat ini terdapat bekas-bekas cacar air, jika bekas itu berupa bercak kehitaman, anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya karena itu akan memudar dengan sendirinya walaupun memerlukan waktu agak lama.

Sedang jika bekas itu berupa jaringan parut (scar) yang cekung, memang agak sulit mengatasinya. Kalau memang ingin dihilangkan, bisa dilakukan dengan microdermabrasi laser atau injeksi filler.

Untuk hal ini akan lebih bijaksana bila anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan informasi dan saran dari profesional.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S