Resiko mengkonsumsi jus lidah buaya

Walaupun banyak manfaat lidah buaya bagi kesehatan yang bisa didapat dari lidah buaya atau aloe vera bukan berarti itu tanpa resiko sama sekali. Bahkan sesuatu yang baik sekalipun akan berefek negatif jika terlalu berlebihan. Semua harus seimbang bukan?

Pada tanaman lidah buaya terdapat suatu senyawa yang disebut aloin. Aloin ini merupakan senyawa yang dikenal bisa menimbulkan efek pencahar secara signifikan. Jika terlalu sering dikonsumsi, beberapa senyawa yang terdapat pada lidah buaya bisa menimbulkan ketidakseimbangan elektrolit tubuh.
lidah-buaya
lidah buaya (aloe vera)
Selain dari itu secara general aloe vera atau lidah buaya aman baik jika diaplikasikan pada kulit maupun untuk dikonsumsi (aplikasi oral).

Untuk komposisi ekstrak lidah buaya bisa bervariasi tergantung dari varietas tanaman, iklim yang mempengaruhi dan kondisi musim tempat tanaman lidah buaya tumbuh dan proses pengolahan. Proses pengolahan lidah buaya sampai menjadi ekstrak meliputi penggilingan, pemerasan seluruh bagian dari lidah buaya (bukan hanya bagian gelnya saja). Diikuti kemudian dengan proses penyaringan untuk mendapatkan ekstrak yang dibutuhkan.

Ini adalah proses yang lazim dilakukan oleh para pelaku industri untuk memudahkan pengolahan dan efisiensi. Namun bagaimanapun juga rangkaian proses ini yang bertanggung jawab akan sedikit-banyaknya atau hilangnya sama sekali kandungan zat aktif pada produk.

Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S