Mencegah kanker usus besar dengan diet vegetarian

Kabar gembira bagi anda para vegetarian, atau bagi anda-anda yang gemar mengkonsumsi sayuran. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa kebiasaan mengkonsumsi sayuran berpotensi mengurangi resiko seseorang terserang kanker kolorektal (kanker usus besar) dibandingkan dengan mereka yang gemar makan daging.
Menu vegetarian

Menurut sebuah riset yang diakukan di Universitas Loma Linda di California, orang yang gemar mengkonsumsi sayuran, memiliki tingkat resiko lebih rendah terhadap kanker kolon (19%) dan kanker rektum (29%) dibandingkan dengan orang yang gemar mengkonsumsi daging (dikutip dari www.cbsnews.com).

Lebih spesifik lagi, salah satu cabang gaya hidup vegetarian yakni pesco-vegetarian (gaya hidup vegan yang juga mengkonsumsi ikan dan jenis seafood lainnya) memiliki resiko lebih rendah lagi terhadap kanker. Tingkat resiko seorang pesco-vegetarian terhadap kanker kolorektal lebih rendah hingga 43% dibandingkan yang bukan vegetarian. Sumber: http://archinte.jamanetwork.com/article.aspx?articleid=2174939.

Mengapa harus memperbanyak makan ikan dan sayuran serta menghindari makanan junkfood dan daging

Kondisi kesehatan seseorang ditentukan oleh apa yang mereka makan, hal ini sudah lumrah diketahui oleh mayoritas dari kita, tapi untuk mematuhinya, itu yang sulit.

Secara keseluruhan, diet pesco-vegetarian berhubungan dengan penurunan tingkat resiko seseorang terhadap kanker usus. Tidak ada makanan yang dapat mencegah anda dari terkena kanker usus besar. Namun ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.

Belum ada bukti klinis yang menghubungkan antara kebiasaan mengkonsumsi makanan "junkfood" dengan peningkatan resiko kanker kolorektal. Namun data statistik menunjukkan banyaknya kasus kematian akibat kanker usus besar yang terjadi pada negara dimana penduduknya gemar mengkonsumsi junkfood.

Di negara Amerika Serikat dimana mayoritas penduduknya sangat gemar mengkonsumsi daging dan junkfood, setiap tahun terjadi 136.000 kasus baru kanker kolorektal dengan 50.000 diantarannya mengakibatkan kematian (dikutip dari www.cancer.org).

Tidak perlu diet terlalu ketat untuk mencegah kanker kolorektal

Informasi bahwa diet vegetarian dan kebiasaan mengkonsumsi ikan dan seafood bermanfaat untuk menunjang kesehatan usus besar dan mencegah kanker kolorektal, tidak berarti harus ditanggapi dengan tekad untuk melakukan diet ketat.

Cukup jadikan informasi ini sebagai "kabar gembira" bahwa anda tidak perlu menghilangkan ikan dan seafood dari menu diet anda.

Menjadi seorang vegetarian merupakan sebuah pilihan dan hak setiap individu. Jika anda ingin memulai langkah untuk menjadi lebih sehat dari sekarang, menambahkan ikan dan seafood lainnya bisa jadi adalah satu langkah maju menuju kondisi kesehatan lebih baik.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S