Manfaat yogurt bagi kesehatan pencernaan dan hubungannya dengan antibiotik

Yogurt atau kadang disebut yoghurt merupakan makanan sehat yang terbuat dari susu hasil dari fermentasi bakteri. Sebenarnya yogurt bisa dibuat dari jenis susu apa saja, namun kebanyakan produk yogurt yang beredar dipasaran dewasa ini berbahan dasar susu sapi. Tekstur yogurt yang kental seperti gel dengan aroma khas merupakan hasil dari fermentasi laktosa yang menghasilkan asam laktat yang mempengaruhi protein susu.
manfaat yogurt
Yogurt

Jenis makanan yang satu ini memang sangat terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan. Kandungan probiotic yang merupakan "bakteri baik" berperan penting dalam kesehatan saluran pencernaan. Bakteri jenis ini memang secara alami merupakan bagian dari sistem pencernaan. Walaupun masih banyak penelitian yang harus dilakukan, kehadiran "bakteri baik" dalam sistem pencernaan manusia dipercaya turut berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Yogurt berbahan dasar susu terutama susu sapi, jadi tidaklah mengherankan jika manfaat yang bisa kita dapatkan dari susu sapi segar juga bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi yogurt. Kandungan protein hewani, kalsium, kalium, vitamin B-12, vitamin B-2, magnesium adalah beberapa nutrisi penting yang terdapat pada yogurt. Baca: Manfaat yoghurt untuk diet menurunkan berat badan.

Berikut ini merupakan daftar manfaat dari yogurt bagi kesehatan tubuh manusia:

Yogurt membantu mencegah Osteoporosis

Walaupun hasilnya tidak selalu konsisten, tetapi kalsium terbukti dapat meningkatkan massa tulang pada orang dari segala kelompok umur. Menurut penelitihan oleh dokter ahli tulang di amerika, Asupan gizi yang cukup memainkan peran penting dalam pencegahan dan penyembuhan Osteoporosis, dan mikronutrien paling berperan adalah vitamin D dan kalsium. Kombinasi yang cukup dari kalsium dan vitamin D berperan sangat penting bagi kesehatan tulang secara general.

Yogurt mampu menurunkan resiko tekanan darah tinggi 

Sebuah studi baru-baru ini menemukan hubungan antara asupan susu rendah lemak dengan resiko tekanan darah tinggi. Secara signifikan terlihat penurunan resiko sebesar 50% terhadap subyek yang menerima asupan 2-3 gelas susu rendah lemak tiap hari dibanding yang tidak menerima asupan apapun. Karena yogurt berbahan dasar susu dan rendah kandungan lemaknya, maka hasil yang sama sangat mungkin terjadi.

Yogurt merupakan sumber makanan kaya nutrisi

Yogurt  merupakan sumber vitamin dan mineral yang kompleks, namun relatif rendah kalori. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi 8 ons yogurt memenuhi 60% kebutuhan vitamin wanita dewasa. Selain itu yogurt dikenal sebagai sumber makanan yang kaya nutrisi dan sumber protein yang baik, kalsium dan kalium, sangat baik dikonsumsi pada masa kehamilan. Baca: Manfaat yogurt bagi kehamilan.

Yogurt membantu kesehatan pencernaan

Beberapa jenis probiotik biasanya ditambahkan dalam yogurt karena manfaatnya bagi kesehatan. Beberapa yang populer adalah Lactobacillus casei, Lactobacillus acidophilus dan Bifidus. Probiotik ini membantu menjaga keseimbangan "bakteri baik" yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu proses penyembuhan penyakit, dan dapat mengurangi eksim pada bayi.

Pada saat meminum antibiotik, biasanya orang akan menderita efek samping berupa mual, diare, kembung atau nyeri usus. Hal ini desebabkan karena antibiotik mengggangu keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan. Nah, dengan makan makanan yang kaya akan probiotik seperti yogurt, dapat meringankan efek samping dari antibiotik.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S