Manfaat mengkonsumsi yogurt bagi kehamilan

Di saat kehamilan, banyak perubahan yang terjadi. Salah satunya adalah perubahan pola makan. Makanan yang emula anda anggap menyehatkan sekarang menjadi pantangan seperti sushi dan keju. Atau demi mendapatkan nutrisi maksimal untuk calon bayi, anda memutuskan untuk banyak mengkonsumsi sayuran hijau. Terus bagaimana dengan yogurt, apakah mengkonsumsi yogurt bagus untuk kehamilan? Inilah beberapa informasi yang perlu anda ketahui tentang mengkonsumsi yogurt pada masa kehamilan.

Amankah mengkonsumsi yogurt saat hamil?

Yang perlu anda ingat adalah, apakah produk yogurt itu telah mengalami proses pasteurisasi dalam pengolahannya? jika iya, maka pada dasarnya aman untuk dikonsumsi. Hal ini berlaku untuk semua jenis produk olahan susu lainnya, selama anda yakin bahwa suatu produk telah mengalami proses pasteurisasi, maka anda tidak perlu ragu untuk memakannya. Masalah mungkin timbul pada produk olahan susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi, karena sangat mungkin mengandung bakteri yang bisa membahayakan anda dan calon bayi.
yogurt-kehamilan
Yogurt untuk ibu hamil
Untungnya sebagian besar merk yogurt yang tersedia dipasaran telah dipasteurisasi dalam proses pembuatannya, jadi anda tidak perlu terlalu cemas. Meskipun begitu sikap kehati-hatian jangan sampai diabaikan, sangat penting untuk selalu mencermati label pada kemasan sebelum anda membeli atau sekedar mencicipinya. Beberapa produk yogurt industri rumah tangga, walaupun kelihatannya enak dan menggugah selera, mungkin tidak dipasteurisasi dalam proses pembuatannya. Jika anda tidak terlalu yakin, lebih baik tidak usah membelinya.

Manfaat yogurt bagi kehamilan

Banyak alasan untuk memasukan yogurt dalam daftar makanan sehat bagi ibu hamil, bukan saja karena itu menyehatkan, merupakan makanan manis namun rendah lemak, tapi juga kandungan nutrisi penting didalamnya. Nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan ibu hamil serta menunjang tumbuh kembang bayi dalam kandungan, yaitu:
  • Kalsium. Yogurt adalah makanan sumber kalsium yang baik. Kalsium bukan hanya bermanfaat untuk memperkuat tulang anda, namun juga berperan sangat penting bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan. 
  • Probiotik. Kandungan bakteri baik pada yogurt bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Dalam kasus ibu hamil ini akan sangat membantu, karena pada masa kehamilan biasanya disertai dengan gangguan pencernaan yang mengakibatkan sembelit, mual, dll, dengan mengkonsumsi yogurt pada masa kehamilan, akan melancarkan proses pencernaan yang terganggu.
Setelah membaca berbagai alasan kenapa yogurt bermanfaat bagi kehamilam diatas, tentunya kekhawatiran anda tentang bahaya yogurt bagi ibu hamil telah hilang. Hanya saja yang perlu saya tekankan adalah, anda harus menghindari yogurt yang tidak dipasteurisasi. Selebihnya hindari juga produk yogurt dengan kandungan lemak sangat tinggi. Ini berlaku juga untuk produk olahan susu dan makanan berlemak lainnya. Karena, kelebihan lemak terutama saat kehamilan itu tidak sehat. Makanan berlemak meningkatkan kolesterol yang memicu masalah jantung, pencernaan dan kelebihan berat badan. 

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S