Cara membuat jus lidah buaya sendiri

Sangat mudah sebenarnya membuat jus lidah buaya (aloe vera) sendiri di rumah, namun sebelum anda memulai membuat sendiri jus lidah buaya (aloe vera) ada baiknya anda menyimak beberapa tips berikut ini:

  • Gunakan hanya daun lidah buaya organik. Anda bisa mendapatkan daun lidah buaya organik di supermarket dan pasar tradisional atau anda bisa menanamnya sendiri.
  • Gunakan pisau tajam. Jika anda memotong sendiri daun lidah buaya dari pohonnya, pastikan anda menggunakan pisau yang cukup tajam dan memotong pangkal daun dengan potongan yang rapi. Hal ini akan membuat tanaman lidah buaya anda tetap sehat. 

Untuk mulai membuat jus lidah buaya, pertama-tama ambil beberapa daun lidah buaya yang cukup tua. Untuk mengetahui daun lidah buaya cukup tua atau belum adalah dari warna dan bentuknya. Daun lidah buaya yang siap diproses adalah yang berwarna hijau tua dengan bentuk yang besar dan tebal. Langkah kedua adalah potong daun lidah buaya menjadi dua dengan potongan memanjang. Ini akan memperjelas antara bagian gel atau "daging" yang kita inginkan dengan bagian-bagian lain.
lidah-buaya
Lidah buaya

Keruk bagian gel lidah buaya menggunakan sendok (ingat hanya bagian gelnya). Hindari bagian yang berwarna kuning dan kulit daun lidah buaya.

Setelah anda mendapatkan cukup gel lidah buaya, masukkan kedalam blender. Tambahkan perasan jeruk nipis, lemon atau jeruk manis sesuai selera. Ini selain akan menambah rasa juga berfungsi untuk memberikan tambahan nutrisi alami. Pastikan komposisi jumlah gel lidah buaya dengan jus jeruk seimbang. Untuk satu porsi jus lidah buaya, komposisi yang disarankan adalah 2 sampai 3 sendok makan untuk masing2 masing bahan.

Blender kedua bahan tersebut selama 2 menit kemudian tambahkan pada segelas air. Jus lidah buaya siap dikonsumsi. Jika anda mendapati jus lidah buaya terlalu menyengat rasanya, anda bisa menambahkan air untuk mengencerkannya. Anda juga bisa menambahkan sirup sesuai selera atau meminumnya dingin untuk menambah cita rasa.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S