Cara melebatkan rambut menggunakan bahan alami

Cara paling sederhana mengatasi masalah selalu dicari oleh setiap orang, tidak terkecuali untuk masalah rambut. Bagi wanita yang memiliki rambut tipis misalnya, menginginkan cara untuk membuat rambut lebih tebal. Mungkin tebersit untuk membeli produk perawatan untuk mempertebal rambut yang banyak beredar di pasaran. Namun setelah meneliti lebih jauh, produk-produk itu mengandung bahan kimia yang sering membahayakan kesehatan rambut anda. Akhirnya anda memutuskan untuk mencari cara menebalkan rambut secara alami menggunakan bahan-bahan natural.
Rambut lebat sehat berkilau

Bahan-bahan kimia pada produk perawatan rambut bukan saja berbahaya karena bisa mengiritasi kulit kepala, namun juga karena bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada rambut. Gejala paling umum dari rusaknya rambut yang disebabkan oleh bahan kimia, adalah kerontokan. Hair spray, shampo, pewarna rambut adalah beberapa produk yang lazim menggunakan bahan kimia berbahaya bagi kesehatan rambut. Ini sangat menakutkan memang, namun anda tidak perlu kuatir karena ada cara mempertebal rambut menggunakan bahan alami yang bisa dilakukan.

Apa penyebab penipisan rambut

Penyebab utama dari penipisan rambut adalah kerontokan. Selebihnya bisa disebabkan oleh faktor turunan atau gangguan kesehatan ringan semisal kekurangan vitamin. Mengetahui penyebab kerontokan rambut yang anda alami adalah langkah penting pertama yang harus dilakukan guna memulai pengobatan rambut rontok. Meskipun begitu, walaupun kita tidak mengetahui apa yang menjadi penyebab rambut kita rontok, beberapa langkah mudah yang bisa langsung kita terapkan pada rambut agar nampak lebih lebat, sehat berkilau secara alami.

Ada beberapa penyebab paling umum yang bertanggung jawab terhadap banyaknya kasus kerontokan rambut. Berikut ini adalah beberapa penyebab kerontokan rambut yang mungkin saja sedang terjadi pada anda.

  • Stress istilah kekiniannya adalah galau :) Stress menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut (alopecia areeata). Hal ini disebabkan oleh folikel rambut yang terganggu oleh aktivitas sel darah putih. Kerontokan rambut yang disebabkan stress biasanya bersifat sementara seiring kondisi kejiwaan seseorang.
  • Kekurangan tembaga Tembaga merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Saat tubuh kekurangan tembaga, bisa mengakibatkan kerontokan rambut.
  • Kekurangan vitamin D Salah satu gejala tubuh kekurangan vitamin D adalah rontoknya rambut, selain itu tubuh yang kekurangan vitamin D juga menjadi mudah lelah serta mengakibatkan stress.
  • Ketidakseimbangan hormon Kondisi ini biasanya disebabkan oleh stress atau biasa terjadi pada masa puber remaja. Gangguan keseimbangan pada hormon estrogen dan testosteron dipandang sebagai pemicu rambut rontok.
  • Shampo Shampo yang mengandung bahan kimia berbahaya dapat mengiritasi kulit kepala dan membuat rambut rontok. Alangkah baiknya jika anda menggantinya dengan shampo berbahan alami.
  • Kekurangan mineral mangan (Mn) Ada sebuah penelitian di jerman yang membuktikan bahwa mangan membantu pertumbuhan kembali rambut yang rontok.
  • Hypothyroidism Adalah sebuah kondisi adanya gangguan pada kelenjar tiroid, yang salah satu gejalanya adalah kerontokan rambut terutama pada wanita.

Cara melebatkan rambut dengan bahan alami 

Minyak jarak Minyak jarak adalah minyak yang didapat dengan cara mengekstrak biji tanaman jarak (Ricinus communis). Nama lain dari minyak jarak adalah castor oil atau minyak kastroli. Salah satu jenis minyak nabati ini telah dikenal lama berkhasiat untuk melebatkan rambut, bukan hanya rambut kepala, namun juga rambut alis dan jenggot.

Untuk melebatkan rambut secara alami menggunakan minyak jarak lakukan cara berikut ini. Ambil minyak jarak secukupnya (tergantung seberapa panjang rambut anda), usapkan pada kulit kepala sambil dipijit-pijit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini rutin seminggu sekali. 

Pemijatan kulit kepala Tujuannya untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Darah membawa suplai oksigen dan nutrisi penting bagi akar rambut, berguna sekali untuk mempercepat dan memperbanyak pertumbuhan rambut baru. lakukan pemijatan rutin selama 10 menit 2 kali sehari setiap pagi dan malam.

Jus bawang bombay Ada suatu kondisi gangguan yang terjadi pada kulit kepala yang mengakibatkan rambut mudah rontok dan beruban. Kondisi ini disebut stress oksidatif , merupakan suatu kondisi yang dipicu oleh penurunan katalase antioksidan alami dan penumpukan hidrogen peroksida pada folikel rambut. 

Sebuah studi yang dilakukan ahli dermatology membuktikan bahwa bawang bombay berkhasiat untuk membantu pertumbuhan rambut baru pada kulit kepala. Caranya, haluskan bawang bombay, aplikasikan pada kulit kepala sambil dipijit-pijit selama 10 menit, biarkan selama kira-kira 60 menit baru dibilas dengan air dingin dan shampo. Cukup lakukan ini sebulan sekali.

Itulah beberapa cara melebatkan rambut menggunakan bahan alami. Rambut yang tebal, lebat, sehat berkilau bisa anda dapatkan jika anda mempraktekkan salah satu cara diatas dengan rutin. 

Comments

  1. bermanfaat sekali artikelnya. Kunjungi juga www.greenmommyshop.com yang menyediakan kosmetik organik dan aman untuk kesehatan karena free dari bahan kimia.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S