Apakah susu kambing lebih baik bagi anda?

Akhir-akhir ini banyak sekali diperbincangkan tentang manfaat susu kambing bagi kesehatan serta keunggulannya jika dibandingkan dengan susu sapi. Apakah memang benar begitu kenyataanya, marilah kita teliti lebih lanjut tentang kedua produk susu ini.

Apa perbedaan susu kambing dengan susu sapi?

Sebelum beranjak pada perbedaan antara susu kambing dan susu sapi dari segi manfaat, kandungan nutrisi dan lain-lain, marilah kita membahas satu hal yang paling penting dan paling mencolok yakni harga. Seperti kita ketahui bahwa harga susu kambing etawa organik jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan susu sapi murni, bisa 2 atau 3 kali lipatnya. Hal ini bisa dipahami melalui prinsip ekonomi, bahwa permintaan masyarakat akan susu kambing belum sebesar permintaan terhadap susu sapi. Hal inilah yang menurut pendapat saya merupakan faktor utama penyebab harga susu kambing lebih mahal dari susu sapi.
susu-kambing
Produk olahan susu kambing

Dari perspektif produsen susu kambing, untuk merayu agar calon pembeli mengeluarkan uang 3 kali lebih banyak dari jumlah yang biasa mereka keluarkan untuk membeli susu sapi, tentunya harus meyakinkan bahwa produk mereka (susu kambing) memiliki keunggulan-keunggulan penting yang tidak dimiliki susu sapi.

Pada umumnya, konsumen bersedia membelanjakan lebih uangnya untuk sesuatu yang lebih, misalnya untuk membeli masakan yang sangat enak. Susu kambing memang terasa berbeda bagi seseorang yang biasa minum susu sapi, namun rasa itu relatif tergantung minat seseorang. Maksud saya, seseorang yang tidak biasa minum susu kambing mungkin mengatakan susu kambing itu enak dan terasa lebih gurih namun bukan berarti orang lain juga berpendapat sama.

Apakah susu kambing lebih tinggi nutrisi?

Penjual susu kambing selalu mengedepankan fakta bahwa susu kambing memiliki kandungan nutrisi lebih banyak dari susu sapi. Susu kambing etawa organik diklaim memiliki kandungan kalsium, kalium, vitamin A dan protein lebih daripada susu sapi. Hal ini ada benarnya, tapi mereka "lupa" menyebutkan bahwa selain fakta diatas, susu kambing mengandung vitamin B-12, folat, selenium, omega-3 lebih sedikit ketimbang susu sapi. Sebetulnya ini bukan hal yang perlu diperdebatkan karena sebenarnya perbedaan kandungan nutrisi antara susu kambing dan susu sapi sangat sedikit kalau tidak boleh dikatakan seimbang.

Apakah susu kabing lebih mudah dicerna?

Salah satu klaim yang sering diutarakan oleh penjual susu kambing adalah bahwa susu kambing lebih mudah dicerna dan lebih tidak menyebabkan alergi dibanding susu sapi. Klaim bahwa susu kambing lebih mudah dicerna mungkin agak sulit untuk dibuktikan, tapi marilah kita lihat beberapa faktor yang berperan terhadap hal ini.

  • Alergi susu Beberapa orang masih mengalami kebingungan membedakan antara alergi susu dengan intoleransi laktosa. Alergi susu disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh seseorang yang bereaksi menolak protein susu yang disebut casein. Seseorang yang memiliki alergi terhadap susu bisa menunjukkan gejala alergi ringan, menengah sampai mengancam nyawa walaupun sedikit saja meminum susu. Molekul kasein susu sapi sedikit berbeda dengan susu kambing, jadi memungkinkan seseorang yang alergi susu sapi tidak bermasalah dengan susu kambing atau sebaliknya. Namun tidak disarankan bagi penderita alergi susu sapi untuk mencoba mengkonsumsi susu kambing tanpa pengawasan dokter, mengingat efeknya bisa sangat berbahaya.
  • Intoleransi laktosa Beberapa orang mengalami susah mencerna susu sapi karena tubuhnya mengalami kesulitan mencerna laktosa atau gula susu. Ini karena ketidakmampuan tubuh memproduksi enzim yang disebut laktase. Tanpa enzim laktase, tubuh tidak akan bisa mencerna laktosa sehingga mengakibatkan gangguan pencernaan. Beberapa orang yang mengidap kondisi intoleransi laktosa mungkin tidak mengapa jika mengkonsumsi susu dalam jumlah sedikit, dimana jumlah yang lebih banyak bisa menimbulkan masalah seperti kembung, mulas dan diare.

Jadi apakah susu kambing lebih baik dari susu sapi?

Pada hemat saya, sedikit perbedaan dari segi rasa, kandungan nutrisi dan manfaat antara susu kambing dan susu sapi, tidak menjadikan susu kabing yang notabene jauh lebih mahal menjadi lebih baik. Pada prinsipnya keduanya memiliki kualitas dan kelebihan masing-masing. 

Dari segi kesehatan, seseorang yang mengidap intoleransi laktosa, mungkin (mungkin juga tidak) akan lebih nyaman dengan susu kambing. Untuk seseorang yang memiliki alergi parah terhadap susu sapi, tidak disarankan untuk mencoba menggantinya dengan susu kambing tanpa pengawasan langsung dari dokter.

Jika anda merasa bahwa susu kambing lebih nikmat dan disamping itu anda bisa memperoleh susu kambing organik segar dengan harga yang lebih murah, tak ada salahnya jika anda menjadikannya sebagai alternatif dari susu sapi.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S