Ukuran Dimensi dan Ketebalan Kertas HVS

Kertas HVS banyak digunakan oleh segala kalangan, mulai dari anak sekolah SD sampai mahasiswa, juga oleh para orangtua. Tetapi walaupun sering digunakan, banyak yang tidak tahu apa sih sebenarnya arti kertas HVS. HVS merupakan singkatan dari bahasa belanda "Houtvrij schrijfpapier" yang secara harfiah berarti kertas tulis bebas serat kayu.

Ukuran kertas HVS ada bermacam-macam, yang paling populer adalah kertas HVS Folio. Selain itu ada ukuran A5, B5, A3, A4, Q4 (kwarto). Untuk ukuran dimensi kertas HVS secara lengkap adalah sebagai berikut:

  • A5 = 14,85 cm x 21 cm
  • B5 = 18,2 cm x 25,7 cm
  • A3 = 29,7 cm x 42 cm
  • F4 (Folio) = 21,6 cm x 33 cm 
  • A4 = 21,6 x 29,7 cm
  • Q4 (kwarto) = 21,6 cm x 27,9 cm
Selain ukuran panjang dan lebar yang bermacam-macam, kertas HVS juga memiliki ukuran ketebalan yang bervariasi. Ukuran ketebalan kertas HVS adalah GSM yang merupakan singkatan dari "Gram per Square Meter" merujuk pada berat kertas per meter persegi. Jadi saat anda membeli kertas HVS yang bertuliskan 80 gsm, ini berarti berat kertas itu adalah 80 gram per meter persegi.

Mengetahui ukuran dan ketebalan kertas HVS bisa jadi merupakan hal yang penting, karena tidak semua kertas cocok digunakan untuk semua kebutuhan. Misalnya untuk kebutuhan fotocopy atau untuk dokumen biasa, cukuplah menggunakan kertas HVS 60 gsm. Sedangkan untuk dokumen resmi kantor, skripsi, maupun instansi pemerintah standardnya menggunakan kertas HVS 80 gsm. Sedangkan kertas HVS 100 gsm biasanya digunakan untuk presentasi dengan grafis yang lebih baik.

Perlu diketahui pula, bahwa ukuran legal pada Ms office bukanlah ukuran kertas folio yang 21,6 cm x 33 cm melainkan 21,6 cm x 35,6 cm. Jadi alangkah baiknya jika anda menggunakan fitur custom size jika ingin menggunakan kertas HVS Folio.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S