Tutorial cara membuka file rar atau zip

Adakalanya kita bingung sesaat setelah mendownload sebuah file, entah itu file game, file video atau album foto. File yang barusan kita download tersebut ternyata dalam format rar atau zip yang tidak bisa langsung dibuka bahkan diproteksi dengan password. Kadang kita bingung cara membuka file rar maupun zip terutama bagi sebagian orang yang belum tahu apa sih bedanya file biasa dengan file dalam bentuk rar atau zip.
membuka-file-rar
File dengan format rar

File dalam format rar maupun zip memang tidak bisa langsung dibuka tanpa diekstrak terlebih dahulu menggunakan suatu aplikasi software khusus. sebenarnya banyak sekali program atau software yang berfungsi untuk mengekstrak file dalam bentuk rar maupun zip, namun yang paling populer digunakan adalah software bernama Winrar dan Winzip. Jadi agar anda bisa membuka langsung file dalam bentuk rar atau zip anda bisa mendownload dulu software-nya disini.

Dengan program winrar maupun winzip ini, selain bisa untuk meng-ekstrak file tetapi sebaliknya juga bisa untuk meng-compress file. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari program winrar:

  • Membuat file jadi lebih efisien. Ibarat membungkus beberapa barang yang akan dipindahkan kedalam sebuah kotak kardus, begitulah winrar membuat beberapa file terpisah menjadi satu file dalam format rar ataupun zip sehingga lebih mudah untuk dipindahkan.
  • Meningkatkan faktor keamanan. File-file pribadi yang bersifat rahasia, bisa diencrypt dan diberi password dengan software winrar ini. Selain itu file dengan format rar atau zip lebih sulit tertular virus komputer dibanding dengan file yang berekstensi lain misalnya exe.
  • Mengecilkan ukuran file. File dengan ukuran besar akan menjadi lebih kecil jika di-compress menggunakan program winrar sehingga lebih menghemat space memory.
  • Membagi dan memecah belah file. File dengan ukuran sangat besar bisa dibagi menjadi beberapa segmen yang lebih kecil, fungsinya untuk memudahkan dalam proses download dan upload.

Itulah cara membuka file rar dan zip jika anda belum mengetahui caranya. Tips ini hanya berlaku untuk membuka file rar atau zip melalui komputer atau laptop. Sebenarnya mudah sekali bukan? Selain mendukung format zip dan rar, proram winrar dan winzip juga support dengan format file GZip, CAB, LZH, ARJ, BZIP2, TAR, UUE, ACE, ISO, Z and 7-Zip.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S