Khasiat dan manfaat daun sirsak untuk pengobatan herbal alternatif

Manfaat daun sirsak sebagai sarana pengobatan tradisional alternatif menjadi fenomena tersendiri akhir-akhir ini. Beberapa penelitian oleh para ahli yang menemukan kandungan obat pada daun sirsak menjadi penyebabnya. Seperti halnya kulit manggis yang menjadi populer akan kekayaan manfaatnya, daun sirsak sepertinya juga menjadi primadona baru dalam dunia pengobatan herbal.
khasiat-manfaat-daun-sirsak
Daun sirsak

Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh serta khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit.

Daun sirsak untuk kanker

Mungkin terlalu berlebihan jika dibilang bahwa daun sirsak memiliki kemampuan melawan kanker 100 kali lipat dibanding kemoterapi. Namun faktanya adalah daun sirsak mengandung senyawa sitotoksik (bersifat racun bagi sel) bernama senyawa acetogenins. Acetogenin berfungsi menghambat dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dan tumor.

Daun sirsak untuk asam urat

Penyakit asam urat adalah penyakit peradangan sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat pada sendi akibat berkurangnya fungsi ekskresi ginjal. Asam urat ini merupakan hasil metabolisme alami tubuh pada zat purin yang masuk ke dalam tubuh terutama dari makanan. Untuk mengatasi masalah asam urat dengan daun sirsak caranya adalah: ambil beberapa lembar daun sirsak, rebus dengan 2 gelas air sampai air menyusut setengahnya. Minum air rebusan daun sirsak sebagai teh hangat-hangat setiap pagi dan malam hari.

Daun sirsak untuk diabetes

masih banyak khasiat daun sirsak, salah satunya adalah mengobati diabetes atau yang lazim disebut penyakit kencing manis. Dengan meminum air rebusan daun sirsak, dipercaya dapat menjaga stabilitas gula darah pada level normal yakni antara 70 sampai 120mg/dl.

Daun sirsak untuk kista

Kista adalah tumor jinak yang terbungkus selaput berisi cairan. Kista bisa dilawan dengan obat tradisional dari daun sirsak. Caranya sama yaitu dengan merebus beberapa daun sirsak dengan dua gelas air sampai air tinggal setengahnya. Minumlah rutin setiap pagi dan malam hari.

Daun sirsak untuk ginjal

Penyakit batu ginjal adalah penyakit akibat mengkristalnya sisa-sisa zat limbah dalam darah yang mengendap pada ginjal. Pengobatan penyakit batu ginjal dengan metode alami bisa dilakukan dengan meminum ramuan teh daun sirsak secara rutin.

Daun sirsak untuk keputihan

Untuk mengobati masalah keputihan dengan ramuan daun sirsak caranya agak berbeda. Ambil beberapa lembar daun sirsak, tambahkan satu ruas kunyit yang telah dibuang kulitnya dan diiris tipis. rebus dengan air ditambah sedikit gula merah. Anda bisa menambahkan madu saat meminum ramuan daun sirsak untuk mengobati keputihan.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh. Pilihlah daun sirsak muda jika anda akan membuat ramuan daun sirsak untuk mengobati penyakit. Selain itu saat ini telah banyak beredar kapsul ekstrak daun sirsak yang lebih praktis untuk dikonsumsi tanpa mengurangi manfaatnya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S