Khasiat dan manfaat daun salam

Daun salam (Syzygium polyanthum) adalah daun rempah yang sudah sangat terkenal dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. namun apakah hanya itu saja manfaatnya? ternyata daun salam selain membuat masakan jadi lebih enak juga berkhasiat sebagai obat herbal alternatif. Kali ini kami ingin berbagi artikel tentang manfaat daun salam dan khasiatnya yang sangat luar biasa, penyakit apa saja yang bisa diobati dengan ramuan daun salam? Silahkan menyimak.

Secara tradisional, daun salam sudah digunakan sebagai obat untuk mengobati diare, sakit perut dan lain-lain. Namun tingkat kepopuleran daun salam sebagai tanaman obat masih kalah jauh jika dibandingkan dengan sambiloto maupun binahong.
manfaat-daun-salam
Daun salam kering

Kandungan Daun Salam

Daun salam adalah sumber vitamin A, vitamin C, kalsium, mangan, zat besi. Daun salam juga memberikan manfaat hipoglikemik (mengontrol kadar gula darah). Ini karena daun salam mengandung flavonoid, zat tanin dan minyak atsiri. Selain itu daun salam juga berkhasiat untuk menekan kadar kolesterol dalam darah juga mencegah hipertensi.


Kandungan lain yang terdapat pada daun salam adalah kalori, serat, mineral serta daun salam merupakan sumber folat yang baik.

Khasiat dan Manfaat Daun Salam

Sebagai penyedap masakan. Yang digunakan sebagai campuran bumbu masakan adalah daun salam yang kering. Selain membuat masakan menjadi lebih harum dan bercita-rasa, kandungan yang terdapat pada daun salam juga dapat melancarkan pencernaat, menyehatkan lambung dan meningkatkan stamina tubuh.
khasiat-daun-salam
Daun Salam

Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Kandungan flavonoid, minyak atsiri dan zat tanin pada daun salam dipercaya mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah serta menurunkan tekanan darah. Cara membuat ramuan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah adalah, ambil 8 lembar daun salam yang masih muda, rebus dengan dua gelas air sampai air menyusut setengahnya. Minum ramuan secara rutin pagi dan malam dalam kondisi hangat.

Mengobati Diabetes.  Diabetes atau penyakit kencing manis bisa disembuhkan dengan daun salam. Kandungan minyak atsiri, eugenol, tanin, sitral, flavonoid yang tinggi pada daun salam, diyakini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit kencing manis. Hanya saja, mengkonsumsinya harus secara rutin dalam waktu yang cukup panjang. Untunglah saat ini telah banyak produsen obat herbal yang memproduksi kapsul ekstrak daun salam, tentunya ini akan membuat segalanya jadi lebih praktis.

Menyehatkan jantung. Ini lagi salah satu khasiat hebat dari daun salam, yakni menyehatkan jantung. Daun salam banyak mengandung asam caffeic, salisilat serta fitonutrien yang baik bagi kesehatan jantung. Penelitian membuktikan bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi daun salam baik berupa ramuan ataupun dalam campuran makanan terbukti lebih rendah resiko terkena serangan jantung.

Sebagai anti inflamasi alami. Anti inflamasi adalah obat yang dapat meredakan peradangan yang bukan disebabkan oleh mikroba (non infeksi). Daun salam mengandung parthenolide yang efektif dalam mengobati peradangan akibat keseleo, arthritis, strain, rematik sekaligus meredakan nyeri. minyak yang diekstrak dari daun salam juga ampuh untuk meredakan sakit kepala.

Mengatasi masalah pencernaan. Bukan rahasia lagi jika kita mengkonsumsi masakan yang dibumbui dengan daun salam, akan membuat tubuh terasa lebih fit dan bab lancar. Ini dikarenakan daun salam mengandung enzim yang membantu proses metabolisme dan berfungsi memperbaiki sistem pencernaan. Pada kasus sakit maag akut, terapi menggunakan air rebusan daun salam bisa sangat membantu meredakan nyeri lambung.

Mengobati asam urat. Sama dengan khasiat daun sirsak yang bisa mengobati asam urat, daun salam mengandung beberapa vitamin penting diantaranya, vitamin B kompleks dan vitamin C. Untuk membuat ramuan untuk mengobati asam urat, siapkan 10 lembar daun salam, rebus dengan 6 gelas air sampai tinggal separuh. Minum selagi hangat.

Itulah beberapa manfaat dari daun salam serta khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit. Tiada salahnya jika anda yang sedang mengalami sakit seperti yang disebut diatas, mencoba terapi herbal menggunakan daun salam. Selain murah, untuk memperoleh manfaat dari daun salam caranya juga sangat mudah.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S