Berbagai Khasiat Edamame

Edamame adalah kacang kedelai jepang muda yang masih dalam polong dengan tingkat kematangan sekitar 80%. Kalau dibilang kacang sebenarnya kurang tepat karena pada dasarnya kedelai adalah termasuk jenis sayuran. Beda kacang edamame dengan kacang kedelai biasa adalah dari bijinya yang lebih besar. Edamame banyak ditemukan di wilayah Asia timur terutama Jepang, China dan Korea. Pada sebagian budaya masyarakat asia, mengkonsumsi Edamame hanya dengan cara direbus merupakan tradisi turun-temurun.
khasiat-edamame
Edamame

Saat ini, banyak sekali variasi cara mengolah edamame yang biasa dilakukan. Bisa dengan cara tradisional dengan cara direbus namun dengan ditambah bumbu dan rempah-rempah sesuai selera atau dengan cara yang lebih modern yaitu dengan cara di jus atau bahkan diambil ekstraknya. Kalau saya sendiri lebih senang mengkonsumsi edamame dengan cara direbus dengan sedikit garam agar terasa lebih gurih.

Khasiat Edamame

Edamame terkenal karena sangat berkhasiat untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Salah satu khasiat paling utama dari edamame adalah kemampuannya untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Hal ini dikarenakan edamame mengandung zat yang bernama isoflavon

Selain dipercaya dapat mencegah kanker, isoflavon juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, hipertensi, serta ganggguan-gangguan pada masa menopause. 

Selain khasiatnya untuk kesehatan, edamame juga menjadi pilihan kudapan favorit bagi para vegan. Kandungan protein nabati yang tinggi menjadi faktor utama mengapa edamame lebih disukai oleh kaum vegetarian untuk mendapatkan asupan protein.

Berikut ini adalah daftar dari beberapa manfaat dan khasiat dari edamame:

  1. Memperlancar pencernaan
  2. Sebagai antioksidan alami
  3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  4. Kandungan vitamin K pada adamame dapat mencegah osteoporosis
  5. Membantu menurunkan tekanan darah
  6. Membantu menurunkan kolesterol
  7. Sebagai anti-inflamasi
Itulah beberapa manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi edamame. Seiring dengan bertambahnya kesadaran kita akan pentingnya mendapatkan asupan gizi yang cukup, ada baiknya jika kita menggali lebih dalam tentang kandungan gizi serta khasiat yang bisa didapat dari buah dan sayuran.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S