Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak buah zaitun yang memiliki rasa nikmat untuk memasak dan segudang manfaat lain bagi kesehatan maupun kecantikan. Kali ini kita akan membahas manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam artikel ini, saat saya menyebut minyak zaitun, yang saya maksudkan adalah minyak zaitun dengan kualitas terbaik atau extra virgin olive oil. Bagi anda yang suka memasak menggunakan minyak zaitun dan berharap mendapat segudang manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan, ada baiknya jika anda membaca artikel tentang cara memilih minyak zaitun berkualitas terbaik sebelum membeli minyak zaitun di mall atau supermarket.
manfaat-minyak-zaitun
Minyak zaitun (extra virgin olive oil)

Kandungan Nutrisi Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil memang telah lama dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan terutama kulit dan rambut. Menurut lembaga penelitian nutrisi amerika, pada setiap 100 gram minyak zaitun mengandung:

  • Saturated Fat: 13.8%.
  • Monounsaturated Fat (Lemak tak jenuh tunggal): 73% of the RDA.
  • Omega-3: 0.76%.
  • Omega-6: 9.7%.
  • Vitamin E: 72% of the RDA.
  • Vitamin K: 75% of the RDA.

ket: RDA (Recommended Dietary/Daily Allowance) atau jumlah asupan yang disarankan perhari untuk orang dewasa.

Dari tabel kandungan nutrisi minyak zaitun diatas dapat kita lihat bahwa minyak zaitun atau olive oil banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) untuk meminimalisir resiko terjangkit penyakit kardiovaskular.

Namun sesungguhnya manfaat utama dari minyak zaitun adalah karena kandungan antioksidan yang tinggi didalamnya.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Telah kita ketahui kandungan nutrisi dari minyak zaitun yang mengandung berbagai unsur yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan maupun melawan berbagai macam penyakit. Minyak zaitun dengan kualitas terbaik (extra virgin olive oil) mengandung lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan dalam jumlah tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari minyak zaitun:
  • Sebagai sumber anti-oksidan, phyto-sterol, dan vitamin. Minyak zaitun memiliki aroma dan rasa yang berbeda. Tidak seperti minyak lain pada umumnya yang terbuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian, minyak zaitun diekstrak dari buah zaitun yang karenanya mengandung vitamin, antioksidan dan phyto-sterol.
  • Mengurangi kadar kolesterol. Minyak zaitun memiliki kandungan kalori tinggi terutama dari lemak. Namun lemak disini kebanyakan adalah asam lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated fatty acids) atau MUFA seperti asam oleat (18: 1) dan asam palmitoleic (16: 1) yang membantu dalam menurunkan LDL atau "kolesterol jahat" dan meningkatkan HDL atau "kolesterol baik" dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner dan stroke dengan menjaga kadar lemak darah yang sehat.
  • Minyak zaitun diakui sebagai minyak nabati paling sehat. Karena memiliki kandungan lemak jenuh paling sedikit. Selain itu juga mengandung linoleat (omega-6) dan asam linolenat (omega-3) asam lemak yang dibutuhkan tubuh dengan rasio 8:1 sesuai anjuran.
  • Minyak zaitun sebagai antioksidan alami paling kuat. Minyak zaitun mengandung senyawa fenolik tyrosol seperti oleuropein dan oleocanthal. Senyawa ini bertanggung jawab untuk rasa pahit, dan pedas nya. Oleocanthal, oleurpein, dan hydroxytyrosol beserta turunannya merupakan anti-oksidan alami paling kuat. Bersama-sama dengan vitamin E dan karotenoid, mereka memainkan peran penting melawan kanker, inflamasi, penyakit jantung koroner, penyakit saraf degeneratif, diabetes ... dll.
  • Mencegah penyakit jantung koroner. Penelitian menunjukan bahwa oleocanthal memiliki ibuprofen (NSAID) seperti anti-inflamasi. Diet yang menggunakan minyak zaitun bisa jadi memiliki peran dalam rendahnya kasus penyakit jantung koroner.
  • Minyak zaitun kaya akan vitamin E. Dalam setiap 100 g extra-virgin olive oil mengandung 14,39 mcg (sekitar 96% dari RDA) alpha-tocopherol. Vitamin E adalah antioksidan yang diperlukan untuk menjaga integritas membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Minyak zaitun merupakan sumber vitamin K yang sangat bagus. Vitamin K berperan penting dalam meningkatkan kepadatan tulang, membantu metabolisme dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Hasil penelitian juga mengkonfirmasi bahwa vitamin K terutama K1 dapat membantu melawan diabetes dengan mengurangi resiko resistensi insulin. 

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan

Selain menyehatkan, kandungan nutrisi pada minyak zaitun sangat bermanfaat untuk kecantikan terutama bagi rambut dan kulit. 

Manfaat minyak zaitun bagi rambut

Orang telah menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut selama ribuan tahun. Minyak zaitun dipercaya dapat membuat rambut lebih berkilau, menebalkan, melembutkan dan menguatkan akar rambut. 
  • Sebagai kondisioner alami. Kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene pada minyak zaitun adalah emolien (bersifat melembutkan) alami bagi rambut. Faktanya, banyak shampo, minyak rambut ataupun kondesioner yang menggunakan emolien sintetis sebagai bahan dasarnya.
  • Mengatasi ketombe. Untuk menghilangkan ketombe perlu diingat bahwa penyebab ketombe ada banyak, termasuk jamur salah satunya. Sejauh ini belum ada obat untuk ketombe, walaupun menggunakan minyak zaitun dapat mengurangi ketombe. Gunakan minyak zaitun untuk memijat lembut kulit kepala sembari gunakan sisir untuk mengangkat ketombe. Biarkan beberapa saat, tutup menggunakan handuk atau shower cap untuk mendapat kelembaban extra.
  • Melebatkan rambut.  Bagi anda yang memiliki rambut tipis namun ingin memiliki rambut yang lebat bisa menggunakan minyak zaitun. Caranya dengan mengaplikasikan minyak zaitun (extra virgin) mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut diamkan selama 20 menit kemudian bilas menggunakan shampo. 
  • Membasmi kutu rambut. Minyak zaitun bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut walaupun tidak lebih efektif jika dibandingkan dengan cara alami ataupun penggunaan minyak lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan sisir rambut yang tepat. Untuk memastikan bahwa setiap kutu yang hidup dan telurnya benar-benar terangkat.
  • Mengatasi rambut pecah dan bercabang. Karena minyak zaitun mengandung emolien alami yang bersifat melembabkan dan melembutkan rambut maka bisa digunakan untuk merawat rambut yang pecah dan bercabang. Caranya adalah dengan mengaplikasikan minyak zaitun (extra virgin) mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut. 

Manfaat minyak zaitun bagi kulit

Banyak sekali produk perawatan kulit yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan dasarnya. Selain karena nutrisi yang terkadung didalamnya juga karena minyak zaitun memiliki aroma khas yang menyegarkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit:

  • Menghambat proses penuaan dini. Minyak zaitun banyak mengandung antioksidan utama seperti vitamin E, phytosterols dan polyphenols. Dipercaya dapat membantu melindungi kulit dari gejala penuaan dini. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun juga memberikan efek antiaging karena membantu mengembalikan kelembutan kulit serta melindungi kulit dari efek negatif sinar ultraviolet. Senyawa hydroxytyrosol pada minyak zaitun berfungsi mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.
  • Mengatasi wajah berminyak. Minyak zaitun membantu menjaga tingkat keseimbangan pH kulit agar selalu sehat. Selain membuat wajah bebas minyak, kandungan antioksidan membantu melawan berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, noda dan kanker kulit. Gunakan minyak zaitun untuk memijat muka selama beberapa menit secara teratur kemudian bilas dengan air hangat untuk mencegah sekresi minyak secara berlebih. Dapatkan wajah halus, bebas minyak dan jerawat dalam waktu yang lama. 
  • Menghilangkan noda bekas jerawat. minyak zaitun sangat efektif digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya adalah dengan memakai minyak zaitun (extra virgin) untuk memijat lembut (dengan gerakan memutar) kulit yang ada noda bekas jerawat. Jika dilakukan secara rutin akan dapat melembutkan kulit wajah dan menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.
  • Melembabkan kulit. Tidak seperti cream pelembab pada umumnya yang menyumbat pori-pori, minyak zaitun meresap jauh kedalam kulit sembari membersihkan kulit. Oleskan minyak zaitun secara merata pada muka dan leher pada malam hari sebelum tidur sembari ditepuk-tepuk lembut. Gunakan waslap untuk mengelap kelebihan minyak.

Keamanan dan efek samping minyak zaitun 

Demikianlah segudang manfaat dari minyak zaitun terhadap kesehatan tubuh dan kecantikan kulit dan rambut yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Selain beragam manfaat yang telah saya sebutkan diatas, muncul perdebatan tentang efek samping yang ditimbulkan oleh konsumsi minyak zaitun terutama di masa kehamilan dan menyusui.

Para ahli gizi menyatakan bahwa minyak zaitun bisa dikonsumsi secara aman asalkan tidak berlebihan. Jumlah yang disarankan adalah tidak melebihi 14% dari jumlah total konsumsi kalori harian. Jumlah ini bisa bervariasi pada setiap individu namun jika diambil rata-rata adalah sekitar 2 sendok makan atau 28 gram per hari.

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S