Apa itu sistem kardiovaskular dan beberapa penyakit kardiovaskular populer

Kardiovaskular adalah sistem sirkulasi darah melalui pembuluh darah yang melibatkan jantung sebagai pompa dengan tujuan mendistribusikan oksigen dan nutrisi kepada jaringan tubuh serta untuk membersihkan jaringan tubuh dari sisa pembakaran dan zat limbah lainnya. Sedangkan yang dimaksud dengan penyakit kardiovaskular adalah suatu kondisi yang menyebabkan terjadinya gangguan pada jantung dan pembuluh darah.

Karena melibatkan organ-organ vital tubuh, penyakit kardiovaskular sangat berbahaya dan telah menjadi "momok" yang sangat menakutkan. Faktanya, data WHO menyebutkan bahwa penyakit akibat gangguan kardiovaskular bertanggung jawab terhadap 30% penyebab kematian di seluruh dunia.
kardiovaskular
Gambar penyumbatan pembuluh darah arteri

Banyak kasus penyakit kardiovaskular terjadi karena kondisi yang disebut atherosclerosis. Atherosclerosis adalah sebuah kondisi penyempitan pembuluh darah arteri yang diakibatkan oleh penumpukan plak pada dinding arteri. Hal ini mengakibatkan terhambatnya aliran darah dan apabila aliran darah terhenti akan memicu terjadinya serangan jantung ataupun stroke.

Penyakit-penyakit yang termasuk gangguan kardiovaskular adalah:

  • Serangan jantung. Serangan jantung terjadi akibat tersumbatnya aliran darah ke jantung. Saat aliran darah terhenti sepenuhnya, akan menyebabkan matinya sel jaringan otot pada bagian jantung yang tak tersuplai darah. Seseorang yang baru sekali mengalami serangan jantung biasanya akan bertahan hidup. Bukan hal yang menyenangkan, tapi ini merupakan sinyal untuk merubah pola hidup yang lebih sehat.
  • Arrhythmia. Arrhythmia merupakan suatu kondisi tidak normalnya irama jantung. Dimana kondisi irama jantung merupakan indikasi normal-tidaknya kerja jantung. Ada tiga macam jenis arrhythmia, tachycardia adalah kondisi dimana detak jantung yang terlalu cepat (melebihi 100 detak per menit), bradycardia adalah kondisi dimana detak jantung terlalu lambat (kurang dari 60 denyut per menit). Selain itu ada kondisi detak jantung yang tidak beraturan. 
  • Masalah pada klep (katup) jantung (Heart valves problems). Seperti namanya, ini adalah penyakit akibat adanya masalah pada katup jantung. Ada tiga jenis masalah katup jantung yang biasa terjadi yakni kebocoran, penyempitan dan katup tanpa lubang.
  • Gagal jantung (heart failure). Gagal jantung bukan berarti jantung berhenti berdenyut, namun suatu kondisi yang mengakibatkan jantung gagal memompa darah sebagaimana mestinya. Jantung kelihatannya bekerja secara normal namun suplai darah dan oksigen pada tubuh sebagai efek dari aktivitas kardiovaskular tidak terpenuhi. Seseorang yang mengalami gagal jantung (congestive heart failure) harus segera mendapatkan perawatan intensif dari dokter.
  • Stroke. Kasus yang paling umum adalah ischemic stroke suatu kondisi yang diakibatkan oleh tersumbatnya pembuluh darah ke otak biasanya akibat pembekuan darah. Ketika suplai darah kepada salah satu bagian otak terhenti, akibatnya terjadi kematian sel pada bagian itu. Sehingga mengakibatkan ketidakmampuan otak untuk melakukan fungsi tertentu semisal bicara atau berjalan. Hemorrhagic stroke terjadi karena pembuluh darah diotak pecah yang biasanya disebabkan oleh tingginya tekanan darah.

Itulah beberapa contoh penyakit kardiovaskular yang umum terjadi. Seseorang yang bijaksana akan menjaga kondisi kesehatan tubuh dan jantung untuk selalu sehat dengan cara olahraga secara teratur dan menjaga pola hidup sehat.

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S