Cara menghilangkan kutu rambut alami metode tradisional

Rambut anda berkutu? Jangan khawatir sebab kutu rambut bisa dihilangkan dengan efektif menggunakan bahan alami. Metode yang digunakan untuk menghilangkan kutu rambut pun sangat tradisional yakni dengan menggunakan serit, dengan menggunakan cem-ceman sembari dipijit-pijit atau keramas menggunakan bahan alami.

Tanda-Tanda Rambut Berkutu

Sebelum kita beranjak ke cara alami membasmi kutu rambut beserta telurnya, akan lebih baik jika kita mengetahui penyebab kutu rambut dan tanda-tanda rambut berkutu. Rambut yang berkutu pastinya akan terasa gatal yang sangat mengganggu. Rasa gatal ini disebabkan oleh cairan yang dikeluarkan oleh kutu kepala. Terlihat tanda-tanda ruam kemerahan pada kulit kepala atau disekitar garis batas rambut. Terdapat telur-telur kutu pada helai-helai rambut. Telur kutu berwarna putih, kecil, nampak seperti ketombe namun lengket pada helai rambut. Telur ini akan menetas dalam waktu seminggu.
kutu-rambut
Kutu rambut dilihat dengan mikroskop

Jika rambut anda terasa gatal yang disebabkan oleh kutu rambut, sebaiknya jangan digaruk. Karena akan mengakibatkan kulit kepala lecet dan berdarah. Luka yang terjadi akibat menggaruk kulit kepala bisa berakibat terjadinya infeksi dan rasa sakit yang sangat. Berikut ini adalah tips menghilangkan kutu rambut dan telurnya menggunakan bahan alami:

Bawang Merah

Membasmi kutu rambut secara alami paling efektif dan mudah adalah menggunakan bawang merah yang ditumbuk halus untuk diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala sebagai cem-ceman. Caranya adalah, kupas beberapa siung bawang merah, tumbuk sampai halus, aplikasikan pada kulit kepala sampai ujung rambut secara merata. Lakukan pemijatan lembut pada kulit kepala dan helai rambut untuk mematikan kutu rambut dan telurnya. Tunggu selama satu jam, kemudian bilas menggunakan air dingin.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa selain sudah terkenal berkhasiat untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala ternyata juga ampuh untuk menghilangkan kutu rambut serta membasmi telur kutu pada helai-helai rambut secara tuntas. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa secara merata pada kulit kepala dan rambut. Kemudian tutup kepala menggunakan handuk atau shower cap semalaman, kemudian bilas dengan keramas keesokan harinya.

Air perasan jeruk nipis + Minyak kayu putih

Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata ramuan campuran air perasan jeruk nipis dengan minyak kayu putih dengan perbandingan satu banding satu. Biarkan ramuan meresap dan mematikan kutu serta telurnya selama kira-kira 2 jam. Bilas dengan air bersih atau keramas dengan shampo.

Penyeritan

Berikutnya adalah cara menghilangkan kutu rambut serta telurnya menggunakan metode tradisional yaitu dengan menggunakan serit. Serit ini bentuknya seperti sisir rambut namun gigi- giginya sangat rapat. Fungsinya untuk mengangkat kutu maupun telur kutu rambut yang menempel pada helai rambut. Untuk memaksimalkan hasil dalam proses penyeritan, lakukan penyeritan saat kutu pada kepala dalam kondisi lemah. Kutu rambut akan lemah sesaat setelah mengalami proses menghilangkan kutu rambut secara alami diatas. inilah saat yang paling tepat untuk melakukan penyeritan.

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut dan membasmi telur kutu secara alami menggunakan metode tradisional yang terbukti ampuh. Untuk menghindari agar anda atau anak anda terjangkit kutu rambut, hindari kontak atau berbagi handuk, sisir atau bantal dengan seseorang yang rambut kepalanya berkutu. Jika hal ini tidak bisa dihindari anda tentunya tidak perlu khawatir lagi sekarang karena anda telah mengetahui cara membasmi kutu rambut secara alami dengan efektif.

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S