Cara alami menghilangkan kerutan di wajah, sekitar mata dan dahi

Semakin tua umur seseorang baik pria maupun wanita, tanda-tanda penuaan kulit pastinya juga mengikuti. Tak bisa ditolak karena ini merupakan proses alamiah yang menjadi kodrat manusia. Namun tak bisa ditolak bukan berarti kerutan di wajah tak bisa disamarkan atau bahkan dihilangkan. Tanda-tanda penuaan pada kulit terutama wajah ditandai dengan munculnya kerutan di bawah mata, dahi dan sekitar bibir. Diawali dengan munculnya garis-garis halus yang semakin lama-semakin kentara dan akhirnya menjadi keriput yang nyata.

Munculnya kerutan di bawah mata sebelum menjadi keriput yang sangat mengganggu penampilan, bisa dicegah secara alami dengan pola hidup sehat disertai asupan nutrisi yang cukup bagi kesehatan kulit. Berolah raga dengan teratur juga berperan penting dalam menjaga keremajaan kulit. Dengan berolah raga tubuh akan menjadi fit serta melancarkan peredaran darah, dengan begitu nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit akan terdistribusikan dengan baik.
Kerutan di wajah, sekitar mata dan dahi

Tips Mencegah Munculnya Kerutan di Wajah, Sekitar Mata dan Dahi Secara Alami

Untuk mencegah agar kerutan terutama di daerah wajah, mata dan dahi tidak mudah muncul, lakukan beberapa tips berikut ini:

Lakukan Kebiasaan yang Mencegah Munculnya Keriput di Wajah

Pola hidup sehat adalah pangkal dari kesehatan jasmani dan rohani. Demikian pula untuk menjaga agar kulit terawat kesehatannya dan terhindar dari kerutan dan keriput yang muncul secara dini. Berikut ini adalah beberapa tips pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit:
  1. Hilangkan kebiasaan merokok atau terkena asap rokok. Merokok adalah kebiasaan yang buruk, kita tahu bahwa asap rokok selain berbahaya bagi kesehatan paru-paru juga sangat tidak baik bagi kesehatan kulit.  Asap rokok selain menyebabkan hilangnya kelembaban alami kulit, juga dapat memicu tingginya kandungan karbon monoksida dalam darah yang mengakibatkan rona wajah menjadi kusam dan memicu penuaan dini. 
  2. Hindari stress. Stress adalah faktor utama penyebab hilangnya kecantikan seseorang. Meskipun seorang yang memiliki wajah cantik sempurna tanpa kerutan dan keriput disekitar mata dan dahi, jika sedang dilanda stress kecantikan itu akan pudar dengan sendirinya. Lain daripada itu stress memang membuat seseorang nampak cepat tua melebihi umurnya. Untuk menghidari stress, usahakan agar tubuh beristirahat yang cukup, lakukan kegiatan positif yang menyenangkan bersama teman dan keluarga.
  3. Hindari terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari sebenarnya sangat dibutuhkan kulit untuk menjaga kesehatan kulit. Karena sinar matahari merupakan sumber energi utama yang berfungsi mengubah provitamin D pada jaringan kulit menjadi vitamin D. Namun jika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari langsung, akan malah menyebabkan kulit kusam dan memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan pada wajah dan dahi. Cukup berjemur selama 30 menit pada pagi hari untuk mendapatkan manfaat kecantikan dari sinar matahari. Selalu gunakan sunblock yang sesuai jenis kulit jika anda harus beraktifitas di luar ruangan.
  4. Lakukan diet yang sehat. Kerutan di wajah, sekitar mata dan dahi adalah tanda-tanda penuaan kulit. Untuk mencegahnya, diperlukan diet sehat dengan nutrisi yang seimbang. Makan ikan dipercaya dapat membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah. Kandungan nutrisi pada ikan terutama omega-3, vitamin D dan B2 berperan sebagai anti penuaan dini. Sangat penting juga untuk menjaga agar kebutuhan air tercukupi, pastikan untuk minimal minum 8 gelas setiap hari.
Itulah pola hidup sehat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini yang ditandai dengan munculnya kerutan di wajah, sekitar mata dan dahi. Selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah:

Makanan yang Berkhasiat Mencegah Munculnya Kerutan dan Keriput di Wajah

Nutrisi dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa jenis makanan dibawah ini telah diteliti dan hasilnya menyatakan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat pada beberapa jenis makanan ini jika dikonsumsi dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit yang berupa kerutan halus pada wajah, sekitar mata dan dahi.

  • Ikan. Seperti telah diuraikan diatas bahwa mengkonsumsi ikan terutama ikan laut bisa menyehatkan kulit. Kandungan omega-3 serta beberapa vitamin pada ikan yakni vitamin D dan B2 merupakan zat yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Sementara itu ikan juga mengandung zinc yang berfungsi mencegah jerawat dan membantu mengangkat sel kulit mati yang menjadikan wajah halus.
  • Sayur-sayuran. Kalau yang satu ini pasti semua sudah pada tahu kalau sayur itu penting bagi kesehatan tubuh dan tentunya sehat juga bagi kulit. Konsumsi sayuran berwarna cerah seperti tomat atau wortel yang banyak mengandung beta-karotin sebagai zat antioksidan untuk mencegah kerusakan sel kulit serta mencegah penuaan dini. Konsumsi sayuran berwarna hijau yang banyak mengandung vitamin A untuk membantu reproduksi sel kulit baru dan melepaskan sel kulit mati. Hasilnya, kulit akan terjaga keremajaannya lebih cerah dan halus.
  • Gandum. Pada gandum banyak mengandung vitamin B7 atau biotin yang berfungsi untuk membantu metabolisme dan pembentukan asam lemak. Tubuh yang kekurangan biotin meyebabkan kulit kering dan pecah-pecah bahkan kerontokan rambut.
  • Buah-buahan. Buah mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh, terutama vitamin C yang membantu tubuh untuk memproduksi kolagen. Secara alami, produksi kolagen akan menurun pada usia diatas 30 tahun. Ini yang menyebabkan kulit menjadi kendur dan keriput. Faktanya vitamin C merupakan kandungan utama dari setiap krim perawatan kulit.

Itulah beberapa bahan makanan yang wajib anda konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit dan secara alami dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit yakni kerutan dan keriput pada wajah.

Cara Alami Menghilangkan Kerutan di Wajah

Untuk cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami, lakukan beberapa perawatan wajah menggunakan bahan-bahan berikut ini:
  1. Mentimun. Buah berair yang satu ini sudah terkenal dapat menghilangkan kerutan di bawah mata dan menghilangkan kantung mata atau mata panda. Kurangnya asupan air menyebabkan kulit menjadi kusam dan kering ditambah munculnya kerutan dan keriput di bawah mata. Untuk mengatasi hal ini, tempelkan irisan timun segar yang telah didinginkan di lemari es selama 20 menit.
  2. Minyak zaitun. Minyak zaitun dapat dipakai untuk menghilangkan kerutan di wajah, sekitar mata maupun di dahi. Minyak zaitun banyak mengandung vitamin E yang berfungsi meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit menjadi kencang.
  3. Buah Alpukat. Untuk menghilangkan kerutan di sekitar mata, gunakan irisan buah alpukat yang telah ditumbuk halus sebagai masker selama 20 menit setiap hari. (baca juga: khasiat mengagumkan buah alpukat bagi kesehatan tubuh)
Itulah beberapa tips dan cara alami menghilangkan kerutan di wajah, sekitar mata dan dahi. Pada prinsipnya, untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini adalah istirahat yang cukup, asupan nutrisi yang seimbang, konsumsi air yang cukup, olahraga teratur, selalu menjaga kebersihan serta hindari stress. Jika anda menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian anda, niscaya kulit yang cantik dan sehat akan menjadi milik anda.

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S