Khasiat Mengagumkan Buah Alpukat bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Alpukat ternyata memiliki khasiat mengagumkan bagi kesehatan tubuh manusia. Buah yang memiliki nama latin Persea americana ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak dengan tekstur lembut. Tetapi tahukah sobat, buah alpukat ini selain enak dibuat jus daging buahnya ternyata daun dan bijinya juga memiliki manfaat bagi kesehatan yang patut anda ketahui.
alpukat
Alpukat

Kandungan Gizi Buah Alpukat

Alpukat sangat rendah kolesterol dan sodium. Juga merupakan sumber serat pangan yang baik, mengandung Vitamin C, Vitamin K dan folat. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai kandungan nutrisi pada alpukat:
gizi-nutrisi-alpukat
Kandungan gizi Alpukat

Kalori

Pada setiap 100 gram alpukat mengandung 160 kalori, jumlah ini memenuhi 8% dari kebutuhan harian tubuh manusia (berdasarkan diet 2000 kalori/hari). Jumlah kalori yang tergolong tinggi pada buah alpukat ini menjadikan alpukat termasuk dalam golongan buah dengan kandungan kalori tertinggi.

Lemak

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh (Unsaturated Fat) yang cukup tinggi. Lemak jenis ini dipercaya lebih "ramah" karena dianggap berperan penting dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Vitamin A

Alpukat banyak mengandung vitamin A. Seperti kita tahu, vitamin A sangat bangus bagi kesehatan mata, sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.

Serat Pangan (Dietary Fiber)

Kandungan serat pangan pada alpukat yang cukup tinggi yakni 27% sangat berguna untuk menjaga kesehatan usus, mencegah kanker, mencegah serangan jantung, diabetes, melancarkan pencernaan dll.

Itulah beberapa kandungan gizi yang terdapat pada alpukat, cukup banyak dan bermanfaat bagi kesehatan bukan? Selanjutnya akan lebih lengkap pengetahuan kita tentang khasiat mengagumkan dari buah alpukat bagi kesehatan tubuh manusia jika kita mengetahui beberapa manfaat dari buah yang aslinya berasal dari Amerika Tengah ini.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh 

Selain rasanya yang enak, banyak sekali manfaat mengagumkan dari buah alpukat terutama bagi kesehatan. Buah kaya vitamin yang mengandung banyak serat dan lemak tak jenuh ini dipercaya dapat mencegah penyakit diabetes karena kandungan kalium didalamnya bisa memperbaiki kinerja hormon insulin dalam menetralisir glukosa dalam darah.

Mencegah Stroke

Kandungan folat (folacin atau folate) yang cukup tinggi pada buah alpukat dipercaya dapat mengurangi resiko seseorang terkena stroke. Hal ini telah dibuktikan melalui sejumlah penelitian. Hasilnya, kelompok yang sering mengkonsumsi makanan kaya folat cenderung memiliki resiko terserang stroke yang lebih kecil.

Mencegah Kanker

Pada tahun 2007 sebuah tim dari Ohio State university melakukan penelitian terhadap alpukat perihal pencegahan kanker. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kandungan zat fitokimiawi pada buah alpukat mampu mematikan pertumbuhan sel-sel penyebab kanker tanpa mempengaruhi sel-sel normal. 

Mencegah Diabetes

Alpukat mengandung Kalium yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja hormon insulin dan mengontrol kadar glokosa dalam darah. Perihal khasiat alpukat untuk mencegah diabetes atau kencing manis, banyak yang tidak tahu bahwa biji alpukat mengandung zat antidiabetes. Selain itu biji alpukat mengandung tanin yang berfungsi sebagai anti diare, antioksidan, anti bakteri dan sebagai astringen (zat yang dapat menghentikan sekresi atau pendarahan).

Itulah beberapa khasiat mengagumkan yang terdapat pada buah alpukat bagi kesehatan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang manfaat alpukat serta kandungan gizi didalamnya. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S