Cara Terbaik Menghilangkan Bau Badan dan Mengatasi Keringat Berlebih

Bau badan berasal dari keringat yang diurai oleh microorganisme. Semakin banyak keringat yang keluar akan semakin menyengat bau badan yang ditimbulkan. Sebelum anda mengetahui cara menghilangkan bau badan dengan efektif, ada baiknya anda ketahui dahulu beberapa penyebab timbulnya bau badan tidak enak dan keringat berlebih.
menghilangkan-bau-badan
Cara mengatasi bau badan dan keringat berlebih

Setelah anda mengetahui penyebabnya, langkah selanjutnya adalah mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah bau badan tidak enak dan keringat berlebih ini. Ada beberapa cara yang disarankan untuk mencegah munculnya bau badan, antara lain:

  1. Jaga kebersihan tubuh dengan mandi 2 kali sehari. Gunakan sabun yang mengandung deodorant dan triclosan, untuk menghilangkan keringat dan kotoran yang menempel di tubuh.
  2. Cukur rambut ketiak dan kemaluan (pubis) minimal 40 hari sekali, agar rambut tidak terlalu panjang yang akan menjadi sarang bakteri. Tapi ingat, jangan dicabut, karena jika dicabut akan menimbulkan lubang yang bisa dimasuki kuman dan menimbulkan radang kelenjar keringat.
  3. Hindari memakan makanan yang beraroma keras dan berbumbu pedas. Juga disarankan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein, cokelat dan lemak. bakteri sangat senang dengan keringat yang mengandung banyak lemak.
  4. Perbanyak minum air putih. Cairan ini akan mengurangi kerja kelenjar apokrin sehingga dapat membantu mengurangi bau badan tidak sedap.
  5. Gunakan deodoran antiperspiran atau antiseptik di daerah tertentu seperti ketiak. Deodoran jenis ini selain menghilangkan bau badan juga berfungsi menghambat keluarnya keringat. Pilih deodoran yang tidak menimbulkan iritasi/alergi (biasanya ditandai dengan gatal-gatal dan kulit menjadi kemerahan)
  6. Bedak talk bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi bau badan. Fungsinya hampir sama dengan deodoran, yakni menghambat keringat dan mengusir bau tak sedap.
  7. Hindari stres. Kondisi stres dapat memicu kelenjar apokrin untuk bekerja ekstra yang pada akhirnya mengakibatkan sekresi (keringat) lebih banyak. Saat keringat bercampur dengan microorganisme dan bakteri disitulah masalah bau badan muncul.
  8. Konsumsi sayuran hijau. Mengkonsumsi sayuran berbau wangi seperti daun kemangi, daun beluntas merupakan cara tradisional dan alami yang dipercaya sangat bagus untuk menghilangkan bau badan.
  9. Kenakan pakaian berbahan 100% katun. Bahan katun dapat menyerap keringat sehingga mengurangi lembab. Jika anda termasuk orang yang terlalu sering berkeringat, upayakan untuk sering berganti pakaian.
bau-badan
Hindari makanan berbau tajam

Demikianlah sobat beberapa tips cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih yang bisa anda lakukan. Memiliki bau badan memang sesuatu yang alami bagi manusia tetapi jika itu terlalu berlebihan dan menyebabkan aktifitas sosial sobat menjadi terganggu, akan lebih baik jika masalah bau badan segera diatasi dengan cara yang tepat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S