Cara Membentuk Alis dan Tips Menyesuaikan Dengan Bentuk Wajah

Artikel berikut ini akan memberikan tips cara membentuk alis mata dan bagaimana membuatnya cocok untuk bentuk muka anda agar anda tampil lebih cantik dan percaya diri. Alis merupakan elemen penting bagi kecantikan wanita, kesempurnaan bentuk alis sangat menunjang penampilan serta kepercayaan diri. Berbagai cara dilakukan mulai dari menyulam alis, tato alis, menebalkan, mencabut dan banyak lagi metode yang dilakukan baik dilakukan sendiri maupun menggunakan jasa ahli kecantikan spesialis pembentukan alis yang relatif mahal harganya. Semua itu dilakukan tidak lain untuk mendapatkan bentuk alis yang sempurna sesuai dengan karakter dan bentuk wajah masing-masing.
alis
Alis

Bentuk dan model alis seringkali berubah-ubah mengikuti tren yang berlaku, namun ada beberapa kaidah dalam membentuk alis yang tidak pernah berubah. Contohnya, hampir semua make up artist tidak menyarankan untuk memakai pensil alis warna hitam untuk mengisi alis karena berkesan angker atau galak. Model alis melengkung juga disarankan untuk dihindari karena dapat memunculkan kesan tua. Bentuk alis yang sempurna adalah yang ramping yang akan menimbulkan kesan muda dan ceria.

Cara Membentuk Alis Mata

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyempurnakan bentuk alis. Beberapa metode ini bisa dipelajari dan anda praktekan sendiri di rumah namun ada juga yang memerlukan treatment khusus dari ahlinya. Berikut ini caranya:

Waxing Alis

Tehnik merapikan alis yang satu ini sesuai dengan namanya menggunakan lilin (wax) sebagai sarananya. Cairan lilin dioleskan pada area pertumbuhan alis yang akan dirapikan bentuknya, ditunggu beberapa saat hingga benar-benar dingin, kemudian ditarik dengan cepat hingga bulu-bulu alis tercabut. Cara ini sebaiknya dilakukan oleh ahlinya karena memerlukan skill khusus dan kehati-hatian, mengingat area yang di treatment berada di sekitar mata dan menggunakan cairan lilin yang tidak boleh terkena mata. Sekarang ini telah banyak salon dan klinik kecantikan yang menawarkan jasa merapikan bentuk alis menggunakan metode waxing ini.

Cabut Alis

Ini adalah tehnik menyempurnakan bentuk alis yang paling populer dewasa ini. Selain caranya yang mudah dan bisa dilakukan sendiri alat yang digunakan pun sangat sederhana yaitu pinset alis. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencabut alis, yaitu:

  • Terlebih dahulu sterilkan pinset alis dengan cara mengelapnya menggunakan kapas yang di beri alkohol.
  • Sebelum melakukan pencabutan, terlebih dahulu sisir alis menggunakan sikat kecil searah dengan pertumbuhan alis. 
  • Cabut alis searah dengan arah pertumbuhannya dengan pelan untuk menghidari rasa nyeri.
  • Setelah alis selesai dicabut, gunakan toner untuk menyegarkan kulit alis dan mencegah iritasi dan peradangan, bisa juga ditambahi bedak tabur.
  • Sebaiknya lakukan pencabutan alis pada malam hari menjelang tidur agar memberi kesempatan bekas memerah pada kulit alis pulih.

Tato Alis

Tato alis banyak dipilih karena tingkat kepraktisannya, karena tidak perlu lagi melakukan perawatan alis setiap hari. Kelemahanya tentu saja adalah sifatnya yang permanen dan tidak memungkinkan untuk merubahnya di kemudian hari. Jika anda memilih metode ini untuk membentuk alis anda, saya sarankan untuk menggunakan jasa tato alis yang benar-benar ahli dan profesional di bidangnya.

Cukur Alis

Sebenarnya pencukuran alis tidak dianjurkan oleh para make up artist. Ini dikarenakan metode pembentukan alis dengan cara di cukur kurang bagus hasilnya, karena biasanya bulu alis akan lebih cepat tumbuh dan berantakan pula. Mencukur alis bisa menggunakan pisau cukur alis dengan tahapan sbb:

  • Agar hasil cukuran alis rata dan simetris, caranya adalah dengan mencukur alis dimulai dari pangkal alis.
  • Sesuaikan dahulu bentuk pangkal alis antara alis kanan dan kiri.
  • Selanjutnya anda bisa merapikan bagian alisnya, setahap demi setahap, kanan dan kiri agar benar-benar simetris.
  • untuk merapikan bentuk alis, bisa digunakan kuas dengan eye brow atau eye shadow.


Itulah beberapa cara membentuk alis mata yang umum dilakukan oleh para wanita untuk menunjang penampilan. Make up yang bagus ditambah bentuk alis yang indah sesuai bentuk muka tentunya menjadi dambaan setiap wanita yang ingin tampil lebih cantik penuh percaya diri.

Sesuaikan Bentuk Alis Dengan Bentuk Wajah

bentuk-alis-sesuai-bentuk-wajah
Alis sesuai bentuk wajah

Bentuk alis yang indah adalah yang sesuai dengan bentuk wajah. Bentuk alis untuk wajah bulat tidak akan cocok diterapkan bagi pemilik wajah kotak atau persegi. Selanjutnya mari kita bahas tips membentuk alis yang cocok dengan bentuk wajah:

Bentuk Alis Untuk Wajah Oval

Memiliki wajah berbentuk oval sebenarnya adalah keuntungan, kenapa? Karena wanita yang memiliki muka oval cenderung cocok dengan bentuk alis apapun. Wajah oval atau bulat telur akan cocok dengan bentuk alis datar, melengkung, tebal maupun tipis.

Bentuk Alis Untuk Wajah Kotak/Persegi

Anda yang memiliki wajah kotak atau persegi disarankan untuk membentuk alis dengan bentuk curve atau melengkung namun agak datar dengan garis tebal. Ini akan mengesankan wajah anda terlihat lebih bulat. Bentuk alis melengkung halus dan agak datar juga menimbulkan kesan ramah.

Bentuk Alis Untuk Wajah Bulat

Kebalikan dari wajah persegi, wanita yang memiliki muka bulat sebaiknya menghindari bentuk alis datar. Karena akan membuat pipi anda nampak tembem dan lebih bulat. Sebaiknya anda membuat garis agak melebar dengan lekukan tajam pada puncak alis. Ini akan memberikan kesan tajam pada muka anda sekaligus menyeimbangkan bentuk muka yang bulat.

Akhirnya selesai sudah artikel tentang cara membentuk alis sesuai bentuk wajah. Bentuk alis yang indah akan sangat menunjang penampilan dan rasa percaya diri anda para wanita. Selalu gunakan alat make up yang aman bagi kesehatan, dan sterilkan pisau cukur maupun pinset alis yang akan anda gunakan.

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S