Beberapa Penyebab Umum Timbulnya Kantung Mata

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya kantung mata atau biasa disebut juga sebagai mata panda. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kantung mata muncul sehingga kita dapat menghindarinya sedini mungkin. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum timbulnya kantung mata atau mata panda.

penyebab-kantung-mata
Ilustrasi
  • Keturunan – Faktor pertama yang dapat menyebabkan timbulnya kantung mata atau mata panda adalah faktor keturunan. Orang tua yang secara alami memiliki kantung mata akan menurunkannya pada anak atau cucunya.
  • Pertambahan usia – Bertambahnya usia seseorang bisa jadi penyebab timbulnya kantung mata. Saat usia bertambah, kulit akan kehilangan cadangan kolagen dan lemak  sehingga rongga mata bagian bawah akan terlihat cekung. Sehingga pembuluh darah di bawah mata menjadi semakin jelas terlihat dan memicu timbulnya warna gelap dan kantong mata.
  • Alergi – Benarkah alergi dapat menyebabkan timbulnya kantung mata? Ya, alergi tertentu dapat menyebabkan bertambahnya aliran cairan ke bawah mata. Cairan yang mengumpul di bawah mata mengakibatkan kantung mata membesar.
  • Menangis – Terlalu sering atau terlalu lama menangis akan menyebabkan cairan terperangkap di bagian bawah mata dan menjadi kantung mata.
  • Kurang tidur – Kurang tidur akan mengakibatkan mata lelah, dan kurang darah yang dapat menimbulkan lingkaran hitam di sekitar mata.
  • Flu atau Hidung tersumbat – Flu dapat menyebabkan hidung tersumbat yang memicu munculnya lingkaran hitam di bawah mata karena pembuluh dan jaringan darah di bagian hidung membesar, sehingga menyebakan pembuluh darah halus dibawah mata menjadi gelap.
  • Penyimpangan pigmentasi – Salah satu penyebab timbulnya warna hitam di bawah mata adalah berlebihnya pigmen. Cirinya adalah jika ditekan warna hitamnya tidak hilang. Jika memang demikian, kemungkinan penyebab kantung mata/mata panda yang anda alami adalah karena penyimpangan pigmentasi.
  • Sinar matahari – Sinar matahari memang bukan faktor paling dominan penyebab lingkaran hitam di sekitar mata, namun peningkatan produksi melanin sebagai penyebab timbulnya kantung mata bisa dipicu oleh seringnya terkena paparan sinar ultraviolet saat kita beraktivitas diluar ruangan.
  • Dehidrasi - Dehidrasi atau kekurangan cairan akan menggangu sirkulasi darah, yang akan menyebabkan timbulnya warna hitam disekitar mata (mata panda) yang dipicu oleh terganggunya sirkulasi darah di sekitar area mata.
  • Gaya Hidup Yang Kurang Sehat – Gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang kurang memperhatikan asupan gizi yang cukup, kurang olahraga, gemar minum kopi, minuman beralkohol, merokok, adalah beberapa penyebab utama pelebaran pembuluh darah dan perubahan warna di area bawah mata.
  • Saat tubuh kekurangan zat besi, kulit akan nampak lebih pucat dan pembuluh darah di permukaan kulit akan nampak lebih jelas. Biasanya terjadi pada wanita saat hamil atau menstruasi. Lingkaran hitam disekitar mata pada wanita hamil atau sedang mens bukanlah kantung mata pada umumnya melainkan adalah tanda bahwa tubuh kekurangan zat besi. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara mengkonsumsi sayuran hijau dan bahan makanan lain yang banyak mengandung zat besi.
Demikianlah beberapa faktor yang memungkinkan munculnya kantung mata atau mata panda. Penyebab munculnya kantung mata atau mata panda paling umum adalah kelelahan dan kurang tidur. Jadi, dengan demikian dapat kita tarik kesimpulan bahwa cara paling mudah untuk mencegah timbulnya kantung mata atau mata panda adalah istirahat yang cukup, tidur minimal 7 jam sehari, asupan gizi yang cukup dan perbanyak minum air putih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S