Tips memilih sunblock yang bagus untuk wajah

Banyak sekali jenis dan merk sunblock atau sunscreen atau tabir surya -terserah anda menyebutnya- yang beredar di pasaran, berbagai macam bentuk tabir surya yang ditawarkan mulai dari cream, lotion, gel, atau yang berbentuk spray juga ada. Bukan itu saja merk nya juga bermacam-macam, sebut saja beberapa merk terkenal seperti Parasol, Nivea, Vaseline, Oriflame dst. Berbagai grade spf juga ditawarkan, mulai dari spf 15, spf 33 sampai spf 50 dst. Semuanya di klaim sebagai "Produk Sunblock Terbaik Untuk Jenis Kulit Anda". Tetapi apakah memang demikian adanya? Mungkin tidak sepenuhnya benar.

krim-sunblock-yang-bagus-untuk-wajah
Krim sunblock wajah Parasol spf33

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, dengan tingkat sensitifitas terhadap sinar UV yang berbeda pula. Yang perlu anda ketahui tentang sinar UV adalah ada dua jenis sinar UV yaitu UV A dan UV B. Sinar UV A berperan menyebabkan kerutan dan bintik hitam pada kulit karena sifatnya yang dapat menembus kedalam jaringan kulit dan merusak sistem kekebalan. Sedangkan sinar UV B berperan menyebabkan sunburn karena sinar UV B bersifat membakar. Kulit yang terlalu sering terkena paparan sinar UV beresiko lebih tinggi terkena kanker kulit. Dari fakta ini dapat kita simpulkan bahwa sunblock atau tabir surya yang bagus adalah yang memberikan perlindungan maksimal terhadap semua jenis sinar UV.

sunblock-body-wajah
Sunblock spf 45 PA++ untuk body dan wajah
Tentang spf atau Sun Protection Factor dan PA atau Protection Grade of UV A. Label grade spf pada setiap botol sunblock atau tabir surya mengindikasikan tingkat perlindungan yang diberikan sunscreen yang kita pakai terhadap radiasi sinar UV B. Jadi semakin tinggi grade spf pada tabir surya, semakin tinggi pula perlindungan yang didapat kulit. Sedangkan PA atau Protection Grade of UV A merupakan tingkat perlindungan sunblock atau tabir surya terhadap sinar UV A. Level perlindungannya ditandai dengan banyaknya tanda + dibelakang kode PA. Jadi semakin banyak tanda + semakin tinggi pula proteksi yang diberikan, contoh PA+, PA++, PA+++ dst.

Setelah anda paham arti code spf dan PA pada botol atau kemasan sunblock atau sunscreen anda, kini memilih sunblock yang bagus untuk wajah anda akan semakin mudah. Yang perlu anda lakukan adalah memilih sunblock atau tabir surya yang cocok dengan kondisi dan jenis kulit wajah anda.

Untuk anda yang memiliki kulit wajah cenderung kering, gunakan sunblock berbentuk cream. Sunblock atau tabir surya berbentuk cream banyak mengandung minyak yang selain melindungi wajah anda dari paparan sinar UV juga membuat kulit wajah anda tampak lebih lembab.

Bagi pemilik kulit wajah berminyak atau normal disarankan untuk memilih sunblock untuk kulit berminyak atau sunscreen berbentuk lotion yang mengandung avobenzone dan oxybenzone. Sunblock jenis ini banyak mengandung air sementara kandungan minyaknya lebih sedikit. Keuntungan lain dari sunblock atau tabir surya jenis ini adalah tidak menutup pori-pori kulit wajah sehingga meminimalisir timbulnya komedo atau jerawat.

Untuk anda yang memiliki jenis kulit sensitif, memilih sunblock atau tabir surya yang bagus untuk wajah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pilihlah sunblock atau sunscreen yang tidak mengandung parfum.
  2. Pastikan tabir surya yang anda pilih tidak mengandung Vaselin. 
  3. Pilih sunblock atau tabir surya yang tidak mengandung alkohol.
  4. Pastikan tabir tabir surya atau sunscreen pilihan anda tidak mengandung minyak mineral.
sunblock-bagus-untuk-kulit-sensitif
Sunblock wajah untuk kulit sensitif
Sunblock ataupun tabir surya yang paling bagus bagi jenis kulit sensitif adalah yang memiliki formula ringan dan tanpa mengandung bahan tambahan seperti pemutih ataupun kolagen. Karena bahan tambahan yang ada pada sunblock atau tabir surya terkadang dapat menimbulkan alergi pada kulit sensistif. Perhatikan cara pemakaian sunblock yang benar untuk hasil yang efektif dan memuaskan. 

Demikianlah beberapa tips yang bisa saya sampaikan perihal cara memilih sunblock yang bagus untuk wajah dan tentunya yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit masing-masing individu. Sunblock atau tabir surya yang bagus bukanlah yang mahal ataupun yang memiliki grade spf dan PA tinggi namun yang paling cocok dengan jenis kulit dan aktivitas yang anda lakukan. 



Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S