Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Alami

Bekas luka di tubuh bisa dihilangkan dengan cara alami, yaitu menggunakan bahan-bahan nabati, seperti sayuran, buah dan biji-bijian. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas luka menggunakan bahan-bahan alami yang dipercaya sangat ampuh untuk menghilangkan bekas luka pada kulit.

Mentimun


Mentimun kaya akan vitamin, lemak, dan mineral yang dapat memutihkan kulit. Sehingga, dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam. Caranya adalah:
  • Ambil ujung buah mentimun (ingat, hanya ujungnya) kira-kira 5 sentimeter. Kemudian parut.
  • Ambil kunyit sebesar ibu jari, kemudian tumbuk hingga halus dan ambil airnya.
  • Campur air kunyit dengan parutan mentimun. Aduk hingga bercampur rata.
  • Usapkan ramuan mentimun+air kunyit pada bekas luka. Biarkan selama 15-20 menit. Basuh hingga bersih.
menghilangkan-bekas-luka-cara-alami
Kulit mulus bebas bekas luka adalah dambaan setiap wanita

Usapkan pelembab agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Lakukan perawatan secara rutin tiap hari menggunakan ramuan mentimun dan kunyit pada bekas luka yang menghitam sampai menghilang. Untuk tujuan yang sama bisa menggunakan bengkoang.

Caranya, ambil satu buah bengkoang ukuran sedang, kupas, parut dan peras. Balurkan air perasan bengkoang pada bekas luka yang menghitam. Lakukan rutin sampai bekas luka benar-benar hilang.

Kelapa

Air kelapa muda dapat digunakan untuk menghilangkan vlek-vlek atau bekas luka bakar ringan yang menyebabkan kulit menjadi hitam. Caranya adalah:
  • Ambil satu buah kelapa muda dan ambil airnya.
  • Campur dengan satu sendok teh bubuk kunyit dan sedikit air kapur sirih (bisa didapat di penjual sirih). Aduk hingga bercampur rata.
  • Oleskan pada bagian tubuh yang terdapat luka bakar.
Sama seperti air kelapa muda, air kapur sirih juga berkhasiat menyamarkan bekas luka yang menghitam. Sedangkan kandungan kurkumin pada kunyit membuat warna kulit menjadi kuning langsat. Sehingga, campuran ketiga bahan tersebut dalam ramuan, selain dapat mempercepat hilangnya bekas luka yang menghitam, juga membuat warna kulit menjadi lebih cerah.

Jagung dan Daun Pepaya

Cacar air sering meninggalkan bekas. Jika hal itu terjadi pada wajah atau pada bagian tubuh yang terbuka jelas akan sangat mengganggu penampilan. Untuk menghilangkan bekas luka yang disebabkan cacar air, coba gunakan jagung muda. Caranya adalah:
  • Ambil dua buah jagung muda yang telah dikupas dan dibersihkan rambut-rambutnya. Parut halus.
  • Ambil daun pepaya secukupnya dan tumbuk sampai halus.
  • Campurkan parutan jagung muda dengan tumbukan daun pepaya. Aduk sampai rata.
  • Oleskan ramuan pada bekas luka.
  • Lakukan rutin tiap hari untuk hasil yang maksimal.
Getah pepaya bersifat korosif bagi beberapa orang yang alergi. Jadi pastikan kulit anda tidak alergi terhadap getah pepaya. Jika ternyata kulit anda sensitif, cukup gunakan ramuan jagung muda saja. Dengan perawatan menggunakan ramuan jagung muda dan daun pepaya ini secara rutin selama satu minggu, niscaya bekas luka akibat cacar air akan hilang.

Kentang

Kentang mengandung zat-zat yang berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka bakar ringan pada kulit. Caranya adalah:
  • Siapkan tiga buah kentang ukuran sedang. Kupas kulitnya kemudian diparut halus.
  • Campurkan dengan satu sendok makan minyak kelapa. Aduk hingga rata dan kalis.
  • Oleskan ramuan kentang pada selembar kain bersih, kemudian balutkan pada bekas luka bakar di kulit. Lakukan perawatan ini secara rutin pada malam hari menjelang tidur. Biarkan semalaman dan bersihkan keesokan paginya.
Untuk tujuan yang sama, lidah buaya juga bisa digunakan. Caranya, ambil satu pelepah lidah buaya. Kupas hingga bersih, ambil dagingya lalu tumbuk hingga halus. Balurkan pada luka.

Anda bisa menambahkan masing-masing bahan sesuai dengan berat-ringannya luka bakar yang diderita. Lakukan secara rutin seminggu tiga kali untuk mendapatkan kembali kulit yang mulus bersih dari bekas luka.

Pare

Pare (Momordica charantia L) mengandung saponin, flavonoid, vitamin C, vitamin A dan kalsium yang berkhasiat dalam meningkatkan sintesa kolagen. Sehingga, dapat digunakan untuk memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat luka atau memutihkan bekas luka yang menghitam. Caranya adalah:
  • Ambil satu buah pare ukuran sedang, bersihkan. Tumbuk hingga halus kemudian peras.
  • Campur air perasan atau sari pare tersebut dengan tiga sendok makan tepung beras. Aduk hingga berbentuk seperti krim.
  • Basuhlah bekas luka dengan air hangat untuk mendapatkan hasil maksimal. Kemudian, oleskan ramuan pare pada bekas luka secara teratur setiap malam.
Penggunaan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bekas luka tidak bisa menunjukkan hasil secara cepat. Sehingga dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam melakukan perawatan.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, hindari terjadinya bekas luka dengan mengoleskan ramuan saat terjadi luka. Kandungan zat dalam pare juga berkhasiat sebagai antimikroba, antiinflamasi, meningkatkan aktivitas dan jumlah fibroblast, serta hesmostasis. Sehingga membuat luka cepat sembuh dan tidak berbekas. Selamat mencoba!

Comments

  1. Terima kasih, semoga aku bisa melakukannya secara rutin dan teratur ya ...

    ReplyDelete
  2. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bisa menggunakan obat penghilang bekas luka LiquidRx skin aid

    ReplyDelete
  3. Cara tersebut memang benar.

    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bisa dengan menggunakan obat penghilang bekas luka LiquidRx skin aid.

    Terbukti bisa menghilangkan bekas luka dan keloid baik yang sudah lama atau masih baru, hilang bersih dalam seminggu...

    ReplyDelete
  4. Obat penghilang bekas luka dan keloid LiquidRx skin aid yang sudah teruji dan terbukti bisa menghilangkan bekas luka dan keloid secara bertahap dan pasti.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S