Cara Mencuci Rambut Bayi

Rambut bukan saja berfungsi untuk mempercantik penampilan, tetapi juga berfungsi untuk melindungi kepala. Itu sebabnya, sejak bayi, rambut dan kulit kepala sebagai tempat tumbuhnya rambut perlu mendapatkan perawatan yang benar juga teratur.

Meskipun baru lahir, bukan berarti kulit kepala dan rambut bayi tidak perlu mendapat perhatian khusus. Ada beberapa hal yang biasa terjadi pada kulit kepala bayi, yang meski tidak berbahaya ataupun menyakitkan, tetapi tetap perlu mendapat perhatian ekstra. Yakni, dengan melakukan perawatan secara teratur seperti mencuci rambut.

Masalah yang biasa muncul adalah kulit kepala dan rambut yang kotor. Pada bayi, kotornya rambut bisa disebabkan rontoknya sel-sel kulit mati dari kulit ari. Rambut bayi yang kotor juga bisa akibat keringat, apalagi bila bayi anda aktif dan suhu udara panas. membiarkan rambut kotor, bisa mengganggu kesehatan kulit kepala bayi, seperti timbulnya ruam pada kulit di sekitar rambut bayi. Ruam ini bila terkena kotoran akan menimbulkan infeksi, seperti timbulnya bisul.

cara-mencuci-rambut-bayi
Mencuci rambut bayi

Selain itu, salah satu masalah yang sering terjadi pada bayi baru lahir adalah timbulnya kerak kepala, yaitu lapisan kekuningan yang menutupi kulit kepala bayi. Hal ini terjadi karena kadar minyak dalam kulit bayi terlalu banyak, sehingga mengakibatkan kotoran terperangkap di kulit kepala dan lama kelamaan menimbulkan gangguan berbentuk seperti sisik. Untuk mengatasi hal ini, oleskan minyak bayi atau baby oil atau minyak kelapa pada kulit kepala bayi, diamkan selama semalaman lalu cuci dengan air bersih hangat keesokan harinya dengan menggunakan sampo bayi.

Persiapan Mencuci Rambut Bayi

Sebelum mencuci rambut bayi, siapkan dahulu semua keperluannya, seperti waslap, sampo bayi, ember mandi, handuk dan sisir bayi. Agar bayi tidak kedinginan, gunakan air hangat untuk mencuci rambut bayi. 

Bayi yang masih berusia sebulan, badan dan kepalanya bisa dibersihkan dengan menggunakan waslap, diatas meja bayi. Sediakan beberapa waslap untuk membersihkan rambut bayi dari sampo. Sedangkan pada bayi berusia dua bulan atau lebih, bisa dimandikan dan dicuci rambutnya dalam ember mandi bayi.

Bersihkanlah kulit kepala dan rambut bayi dengan air bersih dan hangat setiap hari pada saat bayi dimandikan. Seminggu tiga kali gunakan sampo khusus untuk bayi. Cuci rambut di ruangan yang memiliki suhu kamar sekitar 28-30 derajat celcius. Bilamana perlu, tutup jendela dengan tirai agar angin tidak banyak masuk dan bayi tidak kedinginan. Bila bayi sedang sakit, sebaiknya tidak dimandikan dan dikeramasi, cukup badannya dilap saja.

Untuk mencuci rambut bayi gunakan sampo khusus untuk bayi. Sampo jenis ini mengandung deterjen yang lunak, yang tidak membuat kulit bayi iritasi. Selain itu, sampo khusus bayi mengandung aroma yang lembut dan tidak membuat mata bayi pedih.

Ada baiknya saat mencuci rambut dilakukan pula pemijatan pada kulit kepala bayi. Tujuannya agar peredaran darah di kulit kepala lebih baik, sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat.

Selesai keramas, sisirlah rambut si kecil dengan sisir khusus untuk bayi. Selain agar rambut menjadi rapi dan tidak kusut, menyisir juga berfungsi mengangkat kotoran sekaligus memijat kulit kepala bayi.

Baca Juga artikel:

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S