Agar rambut bayi tumbuh lebat dan sehat

Setiap orang tua pasti menginginkan bayinya memiliki rambut tebal dan sehat. Idealnya memang begitu, tetapi ada kalanya bayi yang baru lahir atau berumur beberapa bulan alih-alih rambutnya tumbuh lebat malah berambut tipis atau bahkan tidak memiliki rambut sama sekali.

Biasanya yang dilakukan orang tua agar rambut bayi tumbuh lebat adalah dengan cara mencukur habis rambut bayi. Perilaku ini sudah menjadi tradisi dan sangat umum dilakukan para orang tua terhadap bayinya. Mereka percaya bahwa rambut bayi yang di cukur habis akan tumbuh lagi dengan lebih lebat dan subur. Tetapi apakah memang demikian adanya?

Marilah kita telaah lebih jauh efek menggunduli rambut bayi terhadap pertumbuhan rambut dari segi medis, apakah benar dengan cara ini dapat memperlebat rambut bayi ataupun balita.
agar-rambut-bayi-tumbuh-lebat
Rambut bayi tumbuh lebat dan sehat

Bayi yang berumur 1 sampai 3 bulan memiliki rambut yang disebut velus yakni rambut bawaan yang bersifat non permanen, artinya rambut ini akan segera tergantikan seluruhnya oleh rambut permanen sebelum bayi menginjak umur 1 tahun. Jadi para orang tua tidak perlu kuatir jika bayi mereka memiliki rambut tipis karena hal ini sangatlah normal. Tebal tipisnya rambut bayi lebih banyak dipengaruhi oleh faktor genetik dari orang tua.

Mencukur habis rambut bayi (menggunduli) tidak bisa juga dikatakan tidak ada hubungannya sama sekali dengan ketebalan rambut bayi. Sebenarnya ini bertujuan untuk mempercepat proses regenerasi rambut velus dengan rambut permanen.

Asupan gizi untuk menyehatkan rambut bayi

Asupan gizi yang tepat adalah faktor utama yang membuat rambut bayi tumbuh subur dan sehat. Pada masa-masa awal pertumbuhan rambut, bayi memerlukan nutrisi berupa:
  • Vitamin. Bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayur-mayur.
  • Protein. Bisa didapatkan dari daging, ikan dan kacang-kacangan.
  • Omega-3. Bisa didapatkan dari kacang-kacangan, ikan khususnya salmon atau dari sayur kol.
  • Zat besi. Bisa didapatkan dari sayuran terutama bayam.
Karena bayi belum bisa mencerna sendiri makanan dan biasanya pada usia dini nutrisi bayi hanya bergantung dari ASI, maka sangat dianjurkan agar ibu banyak mengkonsumsi makanan-makanan bergizi seperti disebutkan diatas. 

Perawatan rambut bayi

Selain gizi cukup, perawatan tepat untuk rambut bayi sangat berpengaruh untuk menjaga kesehatan rambut bayi. Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala bayi dengan cara mencuci rambut bayi secara rutin. 

Gunakan shampo khusus bayi untuk mencegah terjadinya iritasi. Walaupun tidak disarankan untuk mencuci rambut bayi setiap hari, sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala bayi yang masih sangat rentan terhadap terjadinya iritasi dan infeksi jamur.

Gunakan sisir lembut khusus bayi untuk mengurangi resiko terjadinya luka pada kulit kepala yang memang masih sangat sensitif. Demikianlah beberapa informasi kesehatan rambut bayi bersama tips yang yang bisa anda lakukan untuk membuat rambut bayi anda tumbuh lebat dan sehat.


Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S