Rambut Rontok Dimasa Kehamilan


Kerontokan rambut pada saat kehamilan terjadi karena sebab-sebab biasa, jadi anda tidak perlu khawatir. Kerontokan rambut memang seolah menjadi bencana bagi wanita, wanita mana sih yang rela jika rambutnya berguguran. Sayangnya rambut rontok saat hamil terutama menginjak minggu ke 16 sampai masa-masa menyusui, adalah masalah yang sangat umum terjadi.

Penyebab Utama Kerontokan Rambut
Dalam istilah kedokteran, kerontokan rambut disebut efluvium yakni suatu kondisi kehilangan rambut (rontok) lebih dari 120 helai per hari yang bisa terjadi secara merata ataupun hanya di bagian tertentu dari kepala.

Kerontokan rambut dapat berlangsung sementara tetapi juga dapat bersifat permanen akibat kerusakan folikel rambut. Lantas, para ibu pasti bertanya, koq bisa kehamilan menyebabkan rambut rontok? apa hubunganya? Nah beberapa poin berikut ini adalah faktor penyebab rambut rontok di masa kehamilan:
  • Faktor Gizi
  • Kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin B12, asam folat, dan zat besi bisa berpengaruh terhadap kondisi rambut dan pada gilirannya menimbulkan kerontokan. Proses kehamilan dan menyusui membutuhkan nutrisi ekstra, sehingga asupan gizi ibu meskipun sudah diupayakan untuk dipenuhi, bisa saja masih minim protein, vitamin dan mineral. Akibatnya kondisi kesehatan rambut menurun dan terjadi kerontokan. Di sisi lain, asupan dan komposisi nutrisi yang tidak mencukupi pun dapat mempengaruhi kondisi kesehatan janin dalam kandungan.
  • Stress
  • Stress di kala hamil juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Awalnya, stress memicu peningkatan produksi hormon kortisol. Dampaknya, daya tahan tubuh menurun. Pada saat kondisi tubuh menurun, kerontokan rambut mungkin terjadi ataupun semakin meningkat kadarnya. Rambut rontok akibat faktor psikis adakalanya berulang dan berlangsung lama.
  • Faktor Genetik
  • Ada juga kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor genetik atau turunan. Faktor genetik seseorang menentukan banyaknya produksi hormon dihidrotestosteron (DHT). Hormon ini salah satu perannya adalah membantu pertumbuhan rambut. Kerontokan akibat kekurangan DHT bisa terjadi pula diluar masa kehamilan.
rambut-rontok-saat-hamil
Kerontokan rambut dimasa kehamilan
Kerontokan rambut pada masa kehamilan bukanlah sesuatu yang perlu diresahkan karena kebanyakan kasus rambut rontok pada ibu hamil bukanlah bersifat permanen. Umumnya rambut akan kembali tumbuh dengan normal seiring berjalannya waktu. Jadi sebenarnya ibu tidak perlu khawatir berlebihan apalagi sampai stress menghadapi hal ini.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S