Mencegah Kerontokan Rambut Saat Hamil

Rambut yang rontok dimasa kehamilan adalah hal yang sebenarnya lumrah terjadi. Akan tetapi hal ini sangatlah mengganggu terutama bagi wanita yang sangat memperhatikan kesehatan dan keindahan rambutnya. Sangat disayangkan jika rambut indah yang telah dirawat demikian lama dan telah menghabiskan waktu dan biaya besar akhirnya harus rontok pada saat kehamilan.

Kerontokan rambut saat hamil sebenarnya bisa dicegah jika anda mengetahui penyebab-penyebabnya dan memperhatikan asupan gizi yang cukup dimasa kehamilan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah kerontokan rambut akibat masa kehamilan:

Penuhi Kebutuhan Gizi
Agar rambut tumbuh subur dan kuat, perlu kecukupan asupan protein. Ibu dapat mengkonsumsi hati, daging sapi, tempe-tahu, susu, ikan, daging ayam dan telur. Kemudian agar akar rambut kuat dan sehat, rambut perlu dijaga dengan mengkonsumsi vitamin B terutama biotin, dan vitamin E. Vitamin E dan B banyak terkandung dalam biji gandum dan kacang-kacangan.
nutrisi-bu-hamil
Menjaga asupan gizi saat hamil mencegah kerontokan rambut

Tak ketinggalan, vitamin C yang juga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan akarnya. Bisa diperoleh dengan cara banyak mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, pepaya dan jambu serta beraneka sayuran. Kandungan mineral seng (Zn) dan selenium yang banyak terdapat pada seafood dan sayuran berwarna hijau juga baik untuk rambut.

Konsultasi Dengan Ahli Gizi
Terkadang ibu mengalami masalah berkurangnya nafsu makan terutama pada masa-masa awal kehamilan. Padahal pada saat itu, ibu dan janin didalam kandungan sangat membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang. Jika dirasa masalah nafsu makan ini cukup berat, mintalah saran dari ahli gizi untuk mendapatkan informasi tentang apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan selera makan.

Dari ahli gizi, ibu juga akan mendapatkan informasi tentang cara mengatur pola makan serta menjaga keseimbangan asupan gizi saat kehamilan.

Manjakan Diri 
Pada masa-masa awal kehamilan, biasanya ibu merasakan rasa tidak enak badan dan mengalami kondisi psikis yang kurang nyaman. Untuk membantu memberikan mood positif, anda bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan asal tidak sampai menguras tenaga. Pergilah berekreasi, shopping, atau sekedar berjalan-jalan di mall. Apapun itu, selama anda merasa senang dan dapat membangkitkan semangat serta rasa sayang terhadap calon bayi di dalam kandungan. Pada masa-masa awal kehamilan inilah sebenarnya saat yang tepat untuk belanja pernak-pernik kehamilan karena perut ibu belum terlalu besar dan masih belum terlalu repot untuk beraktivitas.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S