Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Dan Mencegahnya Muncul Kembali

Jerawat adalah masalah yang sangat umum bagi remaja khususnya kaum wanita. Setiap wanita ataupun pria dalam usia remaja selalu saja mengalami masalah ini. Ini adalah hal yang wajar, anda tidak perlu mengkhawatirkan timbulnya jerawat pada wajah anda. Cara untuk menghilangkan jerawat di wajah sangat mudah dan banyak caranya. Bisa secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami di sekitar kita ataupun bisa juga dengan cara pengobatan medis menggunakan obat jerawat atau produk kecantikan yang aman untuk kesehatan kulit kita tentunya.

Banyak orang yang tidak mengetahui cara menghilangkan jerawat secara efektif, jikapun bisa, sifatnya hanya sementara. Maka dari itu, selain menghilangkan jerawat penting sekali untuk mengetahui cara agar jerawat tidak timbul kembali. Para ahli kecantikan dan kesehatan kulit selalu menyarankan untuk membersihkan wajah secara teratur setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Gunakan sabun pembersih wajah yang aman bagi kesehatan dan cocok dengan jenis kulit wajah anda tentunya. Ini adalah cara paling gampang dan murah untuk perawatan kulit wajah agar selalu bersih dari timbulnya jerawat.

Untuk memberikan perawatan wajah yang tepat dan efektif, pertama-tama anda harus mengenali type/jenis kulit yang anda miliki. Beberapa jenis kulit memang rentan akan timbulnya jerawat, dan memerlukan perawatan khusus serta extra untuk mengatasi masalah-masalah kulit yang muncul terutama timbulnya jerawat. Konsultasikan hal ini dengan ahli kecantikan atau dokter spesialis kulit untuk mendapatkan informasi tentang jenis kulit yang anda miliki.

cara-menghilangkan-jerawat
Cara Menghilangkan Jerawat
Setelah anda mengetahui jenis kulit anda, tentukan pula cara yang akan anda tempuh untuk menghilangkan jerawat di wajah anda. Seperti yang telah saya uraikan diatas, ada dua cara yang bisa anda pilih yakni secara alami dan medis. Cara menghilangkan jerawat secara alami memang relatif lebih aman dan murah, namun cara ini membutuhkan ketelatenan. Untuk cara kedua menghilangkan jerawat yaitu secara medis, ada dua cara yang bisa anda lakukan. Yakni:

Membeli Produk Kecantikan 
Banyak sekali produk kecantikan beredar di pasaran, anda bisa memilih produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat yang cocok dengan jenis kulit anda. Yang perlu anda perhatikan dalam menentukan produk kecantikan yang akan anda pakai untuk menghilangkan jerawat adalah pastikan bahwa produk-produk kecantikan itu aman untuk kesehatan. Caranya adalah dengan memastikan bahwa produk itu telah bersertifikasi aman dari BPPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Produk-produk kecantikan dari merk-merk terkenal tentunya sudah mengantongi sertifikat aman dari BPPOM untuk produk yang mereka pasarkan. Pastikan anda membeli dari toko atau outlet resmi agar anda terhindar dari membeli barang palsu.

Memakai Jasa Klinik Kecantikan
Cara ini sangatlah efektif dan hasilnya cepat terlihat karena mereka yang menangani masalah kulit anda terutama jerawat adalah spesialis yang berpengalaman di bidangnya. Dengan memakai jasa klinik kecantikan, anda akan mendapatkan informasi akurat tentang masalah kecantikan yang anda alami serta mendapatkan solusi terbaik. Kelemahan dari cara ini adalah harganya yang tergolong mahal dan tidak semua orang mampu membayarnya.

Bagi anda yang sedang mengalami masalah jerawat di wajah namun tidak ingin repot membeli produk kecantikan ataupun memakai jasa klinik kecantikan yang mahal, anda bisa menggunakan beberapa cara alami untuk menghilangkan jerawat sebagai berikut:

Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat

Tomat dapat menghilangkan jerawat pada wajah karena kandungan vitamin A dan Vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin pada buah tomat dapat mengobati jerawat meradang maupun yang baru timbul. Buah tomat juga mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri dan menutrisi kulit. Selain menghilangkan jerawat, buah tomat juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga dapat menyamarkan bekas jerawat.

Potong-potong buah tomat setelah dicuci bersih, usapkan potongan tomat pada wajah dengan gerakan memutar pada area wajah yang berjerawat. Tunggu selama setengah jam baru dicuci bersih. Lakukan ini secara rutin setiap malam sebelum tidur. Pada minggu pertama jerawat akan mulai berkurang dan bekas-bekas jerawat memudar. Lakukan terus sampai wajah benar-benar bersih dari jerawat dan bekas jerawat menghilang.

Menghilangkan Jerawat Dengan Putih Telur

Putih telur bersifat alami mengangkat sel kulit mati serta kandungan nutrisi yang tinggi pada telur dapat membantu menyembuhkan jerawat, menghilangkan noda hitam bekas jerawat dan mencegah munculnya jerawat kembali.

Caranya adalah dengan memakai putih telur sebagai masker 2 kali sehari siang dan malam sebelum tidur. Biarkan selama 20 menit sampai benar benar kering, kemudian bilas dengan air hangat dan air dingin. Lakukan ini setiap hari untuk menjaga kulit wajah tetap halus dan cerah dan mencegah timbulnya jerawat.

Menghilangkan Jerawat dengan Timun

Timun selain mengandung nutrisi dan vitamin yang menyehatkan kulit, juga bersifat menyegarkan kulit wajah. Bagi anda yang memiliki kulit wajah yang kusam, sangat disarankan untuk menggunakan masker timun satu kali setiap hari sebelum tidur.

Caranya hampir sama dengan tomat yaitu dengan memotong-motong timun, kemudian usapkan pada wajah secara merata. Tunggu selama 30 menit baru kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. Lakukan setiap hari, anda akan mendapatkan wajah bersih dan segar bebas dari jerawat.

Menghilangkan Jerawat Dengan Kunyit

Kunyit atau kunir telah lama diakui khasiatnya sebagai antibakteri alami. Selain dapat menyembuhkan jerawat dan menghilangkan komedo, kunyit atau kunir juga ampuh menghilangkan bekas jerawat dan mencegah munculnya kembali. Bagi anda pemilik kulit berminyak, sangat disarankan untuk menggunakan kunyit untuk menghilangkan jerawat anda.

Caranya dengan membersihkan wajah dahulu, kupas kunyit dan haluskan, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Biarkan semalaman dan bilas dengan air hangat esok hari setelah bangun tidur. Lakukan ini setiap hari untuk mendapatkan wajah bersih bebas jerawat, komedo dan minyak yang berlebih.

Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih

Bawang putih sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Kandungan vitamin A, B dan C serta sifatnya sebagai penawar racun sangat membantu untuk mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan komedo di sekitar hidung.

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih ada dua. Pertama dengan menghaluskan bawang putih dan mengoleskannya ke area wajah yang berjerawat saja. Jangan mengoleskan ke seluruh wajah karena wajah anda akan terasa terbakar. Lakukan setiap hari sampai jerawat kering dan sembuh. Jika jerawat muncul kembali, segera oleskan bawang putih untuk mencegah jerawat membesar dan meradang. Cara kedua adalah dengan mengkonsumsi satu siung bawang putih setiap hari. Sifat bawang putih sebagai penawar racun, dapat menetralisir racun dalam tubuh dan menyembuhkan jerawat dari dalam serta mencegahnya muncul kembali.

Saya kira telah banyak tips menghilangkan jerawat yang telah saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Tugas anda selanjutnya adalah segera memilih salah satu cara menghilangkan jerawat yang anda rasa paling mudah untuk dilakukan. Menghilangkan jerawat membandel dan mencegahnya muncul kembali tidaklah sulit jika anda mau melakukan tips-tips diatas dengan telaten.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S