Cara Membuat Nasi Goreng Ikan Asin Paling Enak

Nasi goreng ikan asin telah menjadi salah satu menu pilihan baru bagi para penggemar nasi goreng di Indonesia. Mungkin karena rasanya yang beda dengan nasi goreng tionghoa maupun nasi goreng jawa. Salah satu penyebab lain yang membuat menu nasi goreng alternatif ini menjadi pilihan adalah karena para penikmat nasi goreng sudah mulai bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Rasa asin yang didapat dari ikan asin dalam nasi goreng terasa lebih bernuansa seafood, sangat berbeda dengan rasa asin nasi goreng standar walaupun yang di masak oleh koki restoran sekalipun. Para juru masak restoran biasanya menambahkan minyak ikan untuk memberikan aroma seafood pada nasi goreng bikinannya.

Kali ini saya ingin membagikan resep membuat nasi goreng ikan asin untuk anda buat sendiri di rumah. Untuk ikan asin yang digunakan, saya menyarankan anda untuk memakai ikan asin jambal roti. Ikan asin jenis ini sangat mudah didapat di pasar-pasar tradisional maupun di supermarket. Kenapa saya sarankan untuk memakai ikan asin jambal roti sebagai bahan untuk memasak nasi goreng ikan asin? Selain rasanya yang enak dan gurih, ikan asin ini memiliki daging yang tebal dan teksturnya kering sehingga tidak lengket jika dimasak.
Ikan asin jambal roti untuk nasi goreng ikan asin

Baiklah kita mulai saja untuk memasak nasi goreng ikan asin, pertama-tama tentu saja anda harus persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan:

  • 250 gram nasi dingin
  • 50 gram kecambah 
  • 2 potong ikan asin jambal roti, goreng kemudian potong kecil-kecil
  • 1/2 butir bawang bombai, iris melintang
  • 1 sdm kecap inggris
  • 2 sdt kecap ikan
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1 butir telur ayam, kocok
Cara Memasak:
  1. Panaskan minyak goreng, masukkan telur kocok, aduk sampai tercerai-berai. Masukkan bawang bombai sampai layu, masukkan ikan asin, aduk rata.
  2. Masukkan kecambah dan nasi, aduk-aduk sampai merata.
  3. Cicipi, jika kurang asin, anda bisa menambahkan garam secukupnya.
  4. Angkat, sajikan dengan ditaburi bawang goreng dan acar.
Demikianlah resep nasi goreng ikan asin istimewa yang menurut saya paling enak, hehehe.... Cukup mudah membuatnya bukan? Ini bisa menjadi menu nasi goreng alternatif yang akan disukai oleh keluarga anda maupun anda sendiri tentunya.

Dalam setiap memasak nasi goreng, perlu anda ketahui tehnik memasak agar nasi goreng tidak menggumpal dan gosong seperti yang pernah saya tulis di blog ini. 

Jika anda tidak bisa mendapatkan ikan asin jambal roti, mungkin karena sedang tidak musim atau harga yang terlalu mahal, bisa diganti dengan ikan asin jenis lain misalnya ikan asin peda. Selamat mencoba!





Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S