Cara Membuat Nasi Goreng Agar Tidak Gosong Dan Menggumpal

Semua orang sangat suka dengan nasi goreng, makanan yang satu ini memang sangat populer karena rasanya yang enak dan cara pembuatannya yang praktis. Namun bagaimana cara memasak nasi goreng yang enak belum tentu setiap orang bisa memasaknya. Setiap orang memiliki resep rahasia sendiri perihal nasi goreng yang dibuatnya. Pada dasarnya, memasak nasi goreng sangatlah mudah jika tahu rahasianya. Ya, rahasia memasak nasi goreng agar rasanya enak dan gurih terletak pada bumbu dan cara memasak nasi goreng itu sendiri.

Ada beberapa jenis nasi goreng yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, namun pada dasarnya hanya dua jenis yang paling banyak diminati yaitu nasi goreng tionghoa dan nasi goreng jawa. Kedua jenis nasi goreng ini perbedaannya terletak pada bumbunya, kalau cara memasaknya sih sama saja yaitu digoreng, hehehe. Iya dong, namanya juga nasi goreng.
nasi-goreng-tionghoa
Nasi Goreng Tionghoa
nasi-goreng-jawa
Nasi  Goreng Jawa

Bumbu dasar nasi goreng sebenarnya sama saja antara nasi goreng jawa dan nasi goreng tionghoa. Bumbu dasar yang paling utama adalah merica, gula dan garam. Sedangkan bumbu yang membedakan antara nasi goreng jawa dan tionghoa adalah jika nasi goreng jawa menggunakan sambal sebagai bumbu utama sedangkan nasi goreng tionghoa menggunakan saus tomat dan saus sambal.

Dalam membuat nasi goreng, yang perlu diperhatikan adalah urutan memasukan bumbu agar bumbu nasi goreng tidak terlalu menyengat aromanya (terutama nasi goreng jawa) tipsnya adalah dengan menggoreng dahulu sambal sampai matang. Kadangkala kesulitan lain yang dihadapi saat memasak nasi goreng adalah nasi yang lengket dan menggumpal, kalau sudah begini boleh dikatakan bahwa proses memasak nasi goreng anda telah gatot alias gagal total, hihihi.

Rahasia memasak nasi goreng agar nasi tidak lengket dan menggumpal adalah terletak pada beberapa faktor berikut ini:

Wajan atau alat penggorengan. Wajan yang tipis dan terbuat dari stainless steel atau alumunium tidaklah cocok untuk memasak nasi goreng karena wajan atau alat penggorengan seperti ini akan cepat panas yang mengakibatkan nasi yang digoreng diatasnya menempel pada permukaan wajan dan menjadi kerak gosong. Wajan yang tepat digunakan untuk memasak nasi goreng adalah wajan besi tempa atau besi cor yang tebal. Bahan wajan dari besi dan ketebalan wajan akan membuat panas merata dan tidak overheat pada satu bagian saja sehingga membuat nasi yang digoreng diatasnya matang merata dan tidak menggumpal. Untuk wajan berlapis teflon, pilihlah wajan yang tebal di bagian bawahnya, tujuannya sama agar panas yang dihasilkan merata.

wajan-besi-cor
Wajan Besi Cor
wajan-besi-tempa
Wajan Besi Tempa
wajan-teflon-tebal
Wajan Teflon Dengan Bagian Bawah Tebal
Telur kocok. Jika anda memperhatikan, para koki nasi goreng selalu memasukan telur kocok di awal proses memasak nasi goreng. Ini sebenarnya untuk membantu agar permukaan wajan menjadi anti lengket. Memasukan telur kocok di awal proses memasak nasi goreng bisa dibilang adalah trik utama agar nasi goreng yang kita masak tidak lengket dan menggumpal.

Kompor. Sebenarnya kompor gas standard milik kita dirumah sudah cukup digunakan untuk memasak nasi goreng sehari-hari. Namun jika anda adalah seorang koki profesional dan menginginkan proses memasak yang lebih cepat dan nasi goreng yang lebih crispy anda memerlukan kompor gas bertekanan tinggi. Kompor jenis ini akan menghasilkan tekanan api yang besar sehingga proses memasak akan lebih cepat dan panas yang dihasilkan oleh kompor gas bertekanan tinggi ini lebih merata sehingga nasi goreng yang dihasilkan memiliki tekstur lebih crispy. 


Tips Cepat Memasak Nasi Goreng 

Ada tips yang bisa anda jalankan agar memasak nasi goreng lebih cepat. Jika anda memasak nasi goreng tionghoa, anda bisa mencampurkan saos tomat dengan nasi sebelum menggorengnya. Ini akan sangat menyingkat waktu mengingat dalam proses memasak nasi goreng, hal yang paling memakan waktu adalah saat mengaduk nasi agar saos merata. 

Dengan mencampur saos dengan nasi sebelum memasak nasi goreng, waktu yang digunakan saat memasak adalah untuk membuat nasi goreng matang saja.
sambal-instan-nasi-goreng-jawa
Homestyle Sambal Masak ABC 
Untuk nasi goreng jawa, alih-alih membuat sambal sendiri anda bisa menggunakan sambal siap saji yang banyak beredar di pasaran. Dalam hal ini sambal siap saji yang menjadi pilihan saya adalah "Homestyle Sambal Masak" dari ABC. Selain rasanya yang enak dan cocok dibuat nasi goreng, nuansa jawanya sangat kental. Tetapi tentu saja anda bisa saja menggunakan sambal siap saji variant dan merk lain sesuai selera anda. Silahkan bereksplorasi dalam hal ini untuk menemukan resep nasi goreng yang sesuai dengan karakter yang anda inginkan.

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S