Michael Jackson, Cinta, Penghianatan dan Tragedi (bag.2)

Solo Karir Dan Puncak Ketenaran

Pada usia 13 tahun, Michael Jackson mulai bersolo karir di samping tetap berkarya bersama "Jackson 5". Lagunya "Got to Be There" menembus chart pada tahun 1971 dari album dengan nama yang sama. Pada tahun 1972, album"Ben", menampilkan balada eponymous tentang tikus. Lagu ini menjadi lagu solo pertama Michael Jackson yang menembus peringkat 1 di chart.

michael-jackson
Michael Jackson Muda

Selama beberapa tahun, Michael Jackson dan "Jackson 5" disibukan dengan jadwal tur dan rekaman yang sangat padat, di bawah arahan Berry Gordy dan staf Motown-nya. Gordy menulis banyak lagu untuk rekaman "Jackson Five" dan Michael Jackson sebagai artis solo. Kelompok ini menjadi sangat populer sehingga mereka bahkan memiliki film kartun mereka sendiri, yang ditayangkan antara 1971-1973.

Meskipun mendapatkan prestasi dan karir yang sangat sukses, ada masalah antara keluarga Jackson dengan perusahaan rekaman mereka. Ketegangan meningkat antara Gordy dan Joseph Jackson tentang pengelolaan karir anak-anaknya, dan tingkat partisipasi mereka dalam membuat musik. Keluarga Jackson menginginkan kontrol lebih besar atas rekaman mereka, yang menyebabkan sebagian besar anggota keluarga Jackson memutuskan hubungan dengan Motown pada tahun 1975. Jermaine Jackson tetap bersama label dan terus ber-solo karir. Setelah sempat merilis beberapa album, namun tidak ada satu pun yang dapat menyamai keberhasilan adiknya Michael.

Mereka kemudian berganti nama menjadi "The Jacksons", group ini menandatangani kontrak rekaman baru dengan Epic Records. Dengan album "Destiny" yang rilis pada tahun 1978, Michael Jackson dan saudara-saudaranya (yang sekarang bersama Randy Jackson menggantikan Jermaine) muncul sebagai penulis lagu berbakat, dan menelurkan beberapa lagu pemecah rekor. Bekerja dengan produser Quincy Jones, Michael Jackson memukau dunia musik dengan album solo berikutnya "Off the Wall" tahun 1979. Album ini menampilkan sebuah campuran antara genre pop dan funk yang nampak kental dalam lagu hit pemenang Grammy Award "Don't Stop 'til You Get Enough" dan "Rock with You". Dia juga mendapatkan sukses besar dengan lagu balada "She's Out of My Life".

Respon sangat positif terhadap album solo terbaru Michael turut membantu mengangkat karir "The Jacksons" juga. Album "Triumph" (1980) terjual lebih dari 1 juta kopi, dan "The Jacksons" melanjutkan tur panjang untuk promosi album. Michael, bagaimanapun mulai lebih fokus dengan karir solo-nya sendiri. Bekerja sama dengan legenda Rock Paul McCartney, Michael Jackson bernyanyi pada tahun 1982 duet mereka, "The Girl Is Mine," yang hampir mencapai puncak tangga lagu pop.

Lagu ini juga muncul di album solo berikutnya, Thriller (1982), yang menghasilkan tujuh lagu yang menembus Top 10 chart dan menjadi album terlaris dalam sejarah. Pada acara khusus di televisi yang dipersembahkan khusus untuk menghormati Motown, Michael Jackson menampilkan "Billie Jean" yang akhirnya menjadi hit teratas di tangga lagu. Pada kesempatan inilah gaya tarian "The Moonwalk" pertama kali ditampilkan dan menjadi sangat populer sebagai ciri khas Michael Jackson. Michael Jackson sendiri yang menciptakan gaya "moonwalk" ini serta menciptakan koreografi untuk videoclip single paling fenomenalnya, "Beat It".

Pembuatan videoclip Michael Jackson yang paling rumit sebenarnya adalah "Thriller". John Landis dipercaya untuk mensutradarai videoclip bertema horor, yang menampilkan adegan tari yang rumit, efek khusus dan narasi oleh aktor Vincent Price. Videoclip "Thriller" ini merupakan keberhasilan besar, yang mendongkrak pesat penjualan album yang sebenarnya sudah sangat sukses. Single ini bertahan di tangga lagu selama 80 minggu, menjadi nomer 1 selama 37 minggu. Selain prestasi komersial yang tak tertandingi, "Thriller" mengkoleksi 12 nominasi Grammy Award, dan memenangkan delapan diantaranya.

Piala Grammy yang dimenangkanya merupakan bukti dari banyaknya bakat yang dimiliki Michael Jackson. Bakatnya menulis lagu dianugerahi "Grammy Award" kategori "best rhythm and blues song" pada lagu "Billie Jean." Dia juga memenangkan Grammy untuk single "Thriller" sebagai "Artis Pop Pria Terbaik" dan "Beat It" dalam kategori "Artis Rock Pria Terbaik". Bersama co-produser Quincy Jones, Michael Jackson juga memenangkan Grammy kategori "Album Of The Year".

Jackson juga memecahkan banyak rekor sebagai seorang artis. Ia meraih beberapa penghargaan "Guinness World Of Records" sebagai artis paling lama yang bertahan di 40 lagu teratas Tangga Lagu Amerika mulai 6 November 1971 hingga 1 Januari 2011, diawali dengan "Got To Be There" hingga "Hold My Hand". Ia memenangkan total 13 Piala Grammy (delapan diantaranya dalam satu malam pada tahun 1984) dan sebagai artis pertama yang menempatkan lima single-nya menjadi jawara tangga lagu terpopuler dari album yang sama "Bad" (1987). Dia juga dianugerahi "Rock and Roll Hall of Fame" dua kali, baik untuk karyanya bersama "Jackson 5" dan sebagai artis solo. (bersambung)

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S