Mengenal Macam-Macam Model Sisir Rambut

Sisir rambut bisa dikatakan sebagai sarana kecantikan paling utama. Betapa tidak? dengan sisir seorang wanita bisa kelihatan lebih cantik dan rapi. Dengan sisir pula seorang wanita bisa mengatur model rambut sesuai keinginan. Sebuah gaya rambut wanita terbaru rasa-rasanya tidak akan mungkin tercipta tanpa peran sebuah sisir rambut di baliknya.

sisir-blower
Sisir Blower
Sebuah sisir pada dasarnya adalah berfungsi untuk merapikan rambut. Tapi sekarang, bentuk sisir sangatlah beragam dan memiliki fungsi sendiri-sendiri. Kebutuhan akan penampilan yang menawan mendorong diciptakannya jenis sisir rambut sesuai kebutuhan dan karakter rambut. Sisir untuk rambut keriting berbeda dengan yang digunakan untuk rambut lurus.


Berikut ini adalah berbagai macam jenis sisir rambut beserta fungsi dan karakteristik masing-masing.

Sisir Blower
Sesuai namanya, sisir ini digunakan untuk mem-blow rambut. Bentuknya bulat dan memiliki gigi dan sikat. namun ada juga yang hanya memiliki gigi saja tanpa sikat. Ukurannya bermacam-macam ada yang kecil, sedang dan besar. Ukuran ini yang menentukan seberapa besar blow yang akan di buat. Bila yang diinginkan blow kecil, tentunya sisir yang dipakai adalah yang berukuran kecil.

Sisir Garpu
Dinamakan sisir garpu karena bentuknya mirip garpu, dengan gigi-gigi yang panjang. Sisir ini berguna untuk merapikan rambut yang kusut setelah keramas. Gigi-gigi yang panjang dan renggang berfungsi untuk memudahkan merapikan rambut.

Sisir Sasak
Sisir sasak berfungsi untuk menyasak rambut, biasanya saat membuat gaya rambut formal seperti sanggul baik tradisional maupun model sanggul modern. Rambut yang disasak akan jadi lebih mengembang. Sisir sasak memiliki gigi-gigi yang tidak merata ujungnya. Cara menggunakan sisir sasak ini adalah dengan menyisir berulang-ulang di satu tempat. Ini berfungsi untuk mengumpulkan rambut di satu area yang diinginkan.

jenis-sisir-rambut
Berbagai jenis Sisir Rambut
Sisir Selecton
Sisir selecton lebih sering digunakan untuk kebutuhan styling saja untuk gaya rambut sehari-hari. Ciri sisir selecton ini begigi jarang dan berbentuk segi empat. Sisir selecton atau selecton comb ini cocok digunakan untuk menata rambut tipis karena dapat menarik rambut secara sempurna.

Sisir Ekor
Sisir ekor atau Tail Comb cirinya memiliki "ekor" di bagian pangkalnya. Sisir ini lazim digunakan oleh para hair stylist untuk pewarnaan atau pengritingan rambut. Bagian gerigi untuk menyisir sedangkan bagian "ekor" yang berujung lancip berfungsi untuk mengambil bagian rambut yang akan diwarnai atau dikritingkan. Biasanya untuk pewarnaan rambut model highlight.

Sisir Vidal
Sisir ini memiliki bentuk yang sama dengan sisir selecton, hanya saja geriginya lebih rapat. Fungsinya juga sama dengan sisir selecton, yaitu untuk keperluan styling. Namun sisir jenis ini lebih cocok digunakan untuk mereka yang memiliki rambut tebal.

Sisir Cat Rambut
Sesuai namanya sisir ini berfungsi untuk membantu proses pengecatan rambut. Sisir ini bentuknya agak berbeda dengan sisir yang lain karena sisir ini memiliki dua sisi yaitu gerigi dan sikat di sisi lainnya. Sisi yang berupa sikat berfungsi untuk mengambil mengoleskan cat rambut sedangkan sisi yang bergerigi berfungsi untuk meratakan cat rambut yang telah dioleskan.

Sisir Gunting 
Sisir ini digunakan untuk proses pengguntingan rambut. Sisir ini berbentuk kecil dan memiliki gerigi yang berjajar, dari yang pendek rapat, lebih panjang dan panjang.

Sisir Styling
Sisir styling memiliki fungsi untuk membuat model rambut yang membutuhkan kerapian dan balance. tetapi sisir ini juga tepat jika digunakan untuk merapikan hasil sasakan pada model sanggul tradisional.

Sisir ini memiliki dua sisi yang berlawanan yaitu atas bawah. Bagian atas berbentuk seperti sisir pada umumnya, sedangkan bagian bawah berbentuk seperti garpu dengan gigi jarang. Biasanya hasil sasakan pada tatanan model rambut sanggul kurang berimbang antara sisi kiri dan kanan. Nah untuk menyeimbangkannya sisir inilah yang digunakan.

Itulah beberapa jenis sisir dan fungsinya yang perlu anda ketahui, semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi anda para hair stylist dan hairdresser masa depan.

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S