Solusi Cepat Untuk Rambut Bermasalah

Rambut yang kusam, lepek, dan bercabang adalah masalah dan tentunya akan merusak penampilan. Untuk mengurangi masalah tersebut, coba lakukan beberapa cara berikut ini:

Tekstur rambut yang terlalu lembut dan lemas, serta terlalu berminyak membuat rambut terlihat lepek dan tidak mengembang. Untuk mengatasi rambut lepek anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini:

Rambut Lepek

  • Rahasia menambah volume rambut adalah dengan memotongnya dengan model layer. Langkah ini cocok sekali untuk rambut panjang yang tidak berbentuk atau rambut tipis yang warnanya kurang bersinar.
  • Begitu bangun tidur, gunakan jari tangan untuk menyisir rambut. Sebab ketika bangun tidur, rambut masih hangat sehingga mudah dibentuk. Termasuk membentuknya agar terlihat lebih mengembang. 
  • Jangan terlalu sering mencuci rambut karena akan menyebabkan rambut jadi lebih berminyak dan lepek.
  • Gunakan produk-produk perawatan rambut khusus yang mengandung vitamin, asam amino, dan keratin untuk merestruktur rambut.
  • Saat menata rambut, angkat rambut pada akarnya menggunakan round brush. dan hair dryer dengan panas sedang. agar tidak membuat kulit kepala iritasi. 
  • Setiap malam menjelang tidur, pijat-pijat ringan kulit kepala. Hal ini selain dapat meredakan stress, pemijatan itu dapat merangsang akar rambut dan melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Sehingga membuat rambut lebih sehat dan tebal.

Rambut Pecah Atau Bercabang

Mungkin ini yang sering menjadi masalah rambut bagi kebanyakan wanita di Indonesia. Penyebab ujung rambut pecah atau bercabang adalah minyak yang dihasilkan kelenjar minyak dibawah kulit kepala tidak sampai ke ujung rambut. Sehingga menyebabkan bagian ujung rambut menjadi lebih kering dan rapuh dibandingkan bagian batang dan akar rambut.

solusi masalah rambut
Rambut bercabang
Selain itu, pewarnaan rambut, pemakaian shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut, serta pemakaian sikat rambut yang kualitasnya tidak mendukung, juga bisa mengakibatkan ujung rambut pecah dan bercabang.

Untuk mengatasi ujung rambut yang pecah atau bercabang, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. berikut ini adala tipsnya:
  • Potong bagian ujung rambut yang bercabang dan pecah-pecah dengan model layer. Pemotongan ujung rambut dengan model ini bisa menghilangkan rambut pecah atau bercabang tanpa harus kehilangan sebagian besar rambut.
  • Hindari pemakaian hair dryer, menyikat rambut, atau menyisir rambut terlalu sering.
  • Pakailah sikat rambut atau sisir berkualitas bagus. Jangan memakai sisir yang sudah hilang gigi-giginya ataupun yang sudah bengkok.
  • Lindungi rambut setiap saat, termasuk saat keramas. Usap dan gosokan shampo pada rambut secara lembut. Caranya, tambahkan sedikit air pada shampo kemudian gosok-gosokan pada tangan agar berbusa. Selanjutnya usapkan pada rambut. Cara keramas yang benar seperti itu tidak akan mengakibatkan rambut rusak. Terutama pada ujung-ujung rambut.
  • Konsultasikan pada hair dresser langganan anda untuk menentukan jenis rambut dan kulit kepala anda, dan mintalah rekomendasi tentang produk-produk perawtan rambut yang paling sesuai untuk anda.

Rambut Kusam

Polusi, pewarnaan rambut, sinar matahari, dan proses pencucian rambut yang berlebihan bisa menyebabkan rambut menjadi kusam. Sayangnya faktor-faktor tersebut sulit dihindari. Akibatnya rambut jadi rusak, kering, dan batangnya jadi porus yang membuatnya tidak mampu merefleksikan cahaya secara sempurna.
  • Solusi bagi wanita yang mengalami rambut kusam dan tidak bercahaya adalah:
  • Sisir rambut setiap sore untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Caranya, tundukan kepala, sehingga rambut terjuntai kebawah. Kemudian, sisir batang rambut. Jangan sampai kena kulit kepala karena bisa menyebabkan iritasi dan membuat rambut jadi berminyak.
  • Setelah keramas, bilas rambut hingga bersih hingga tidak ada sisa shampo yang melekat. Sebab sisa-sisa shampo membuat pori-pori rambut tersumbat dan kehilangan kilaunya.
  • Hindari perlakuan-perlakuan yang bisa mengakibatkan rambut ter-iritasi saat dicuci. Untuk menghindari hal itu, gunakan minyak pada rambut dan 10 menit kemudian barulah keramas secara biasa.
  • Sebagai sentuhan akhir terhadap perawatan rambut kusam adalah, semprotkan gloss on pada rambut untuk menambah kilau rambut tanpa membuatnya berminyak.
Kunci mengatasi rambut kusam adalah terletak pada cara keramas yang benar. Karena itu selalu keramas dengan air dingin dan gunakan water solution untuk membuat rambut berkilau.

Rambut Kusut

Rambut keriting rentan menjadi kusut. Selain itu, secara alami helai rambut keriting memang terlihat kasar dan kering. 

Solusi cepat untuk mengatasi rambut kusut adalah sebagai berikut:
  • Untuk mendapatkan rambut keriting yang senantiasa terlihat indah, pastikan agar rambut selalu terjaga kelembabannya. Untuk itu, pilihlah shampo khusus untuk rambut keriting yang mengandung minyak sebagai pelindung alami dan penguat kutikula rambut.
  • Gunakan nourishing cream (pada pagi dan sore hari jika perlu) untuk meningkatkan kelembaban rambut. Potongan layer cocok untuk rambut keriting. Potongan model layer akan memperbaiki tone dan elastisitas rambut keriting. 
  • Hindari penggunakan sisir. gunakan saja jari atau boleh menggunakan sisir renggang saat rambut masih basah dan lembab.
  • Hindari penggunakan silicone-based serum dalam jumlah berlebih karena akan mengakibatkan rambut keriting semakin kusut. Jika memang terpaksa menggunakan, gunakan sedikit aja.
Nah, demikianlah tips solusi cepat untuk rambut bermasalah, mengatasi rambut bermasalah akan menjadi mudah jika kita tahu cara yang tepat untuk merawat rambut. Mulai dengan cara keramas yang benar sampai hal-hal yang perlu dilakukan atau hal-hal yang perlu dihindari. 

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S