Rosacea Sering Dikira Jerawat

Rosacea adalah suatu infeksi kulit yang umumnya terjadi pada orang berkulit terang, meski siapapun dengan jenis kulit apapun juga bisa terkena. Ada berjuta orang yang mengalami kondisi ini di seluruh dunia.

Penyakit atau kelainan ini (rosacea) merupakan suatu kondisi kulit yang terinflamasi secara kronis pada orang dewasa. Kondisi ini menyebabkan munculnya noda-noda merah, terutama di wajah, yang disertai bentol-bentol atau benjolan merah kecil yang berisi nanah.

Kebanyakan orang akan mengira bahwa rosacea sebagai jerawat atau problem kulit lainnya, seperti alergi kulit atau eksim. Jika dibiarkan, dan tidak diobati, rosacea cenderung progresif, yang berarti semakin lama akan semakin parah.

Namun pada sebagian besar orang, rosacea adalah suatu siklus datang dan pergi. Itu  berarti tanda-tanda dan gejala rosacea bisa muncul dan berkembang selama beberapa minggu atau bulan dan kemudian mereda selama beberapa waktu untuk muncul dan berkembang lagi.

rosacea
Hidung Terinfeksi Rosacea
Pada tahapan awal, yang biasa terjadi pada usia 30-an, rona kemerahan mulai muncul di area hidung, pipi, atau bahkan kening yang terkadang menghilang kemudian muncul lagi. Terkadang rosacea juga bisa muncul di dada, telinga, dan kulit kepala.

Dengan berjalannya waktu, rona kemerahan itu akan semakin menjadi lebih serius dan menyakitkan atau minimal menimbulkan rasa tidak nyaman. Ketika kondisi ini bersifat menetap, pembuluh-pembuluh darah akan terlihat membayang di balik kulit.

Hal ini bisa sangat mengganggu, terutama jika penderita rosacea minum dari gelas panjang, karena hidung yang mengidap rosacea akan kesakitan jika menyentuh ujung gelas.

Sampai saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar ampuh untuk rosacea. Namun ada beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan untuk mengendalikan infeksi ini.

Rosacea bisa dengan mudah diatasi jika diketahui dan diberikan perhatian medis sejak dini. Karena itu, jika anda curiga terkena infeksi ini, segeralah periksakan ke dokter yang berpengalaman atau dokter spesialis kulit untuk memperoleh informasi dan pengobatan yang tepat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S