Michael Jackson, Cinta, Penghianatan dan Tragedi (bag.1)

Masa Muda

Michael Joseph Jackson lahir pada tanggal 29 Agustus 1958, di Gary, Indiana, sebuah keluarga kelas pekerja Afrika-Amerika. Ayahnya, Joseph Jackson, adalah seorang gitaris tetapi meninggalkan aspirasi musiknya untuk bekerja sebagai operator crane demi menafkahi keluarganya.


Percaya anak-anaknya memiliki bakat, ia membentuk mereka menjadi sebuah kelompok musik di awal 1960-an. Pada awalnya, para pemain Jackson Family terdiri dari kakak-kakak Michael, Tito, Jermaine, dan Jackie. Michael bergabung dengan saudara-saudaranya saat ia berusia 5 tahun sebagai vokalis utama. Dia menunjukkan performa yang sangat luar biasa sebagai seorang yang masih sangat muda, para penonton terkesan dengan penampilannya yang begitu kompleks dan penuh emosi. Kakak Michael yaitu Marlon Jackson kemudian bergabung dalam grup, yang kemudian dikenal sebagai Jackson 5.
Masa Kecil Michael Jackson

Bersama The Jackson Five

Di belakang layar, Joseph Jackson mendorong keras anak-anaknya untuk sukses, bahkan terlalu keras. Dia dikabarkan sering melakukan tindakan kasar pada anak-anaknya. Michael dan saudara-saudaranya dipaksa menghabiskan waktu berjam-jam untuk berlatih demi menyempurnakan penampilan mereka. Pada suatu kesempatan wawancara, Michael Jackson  menggambarkan masa kecilnya adalah saat paling menjijikkan dan penuh penderitaan. Pada awalnya, Jackson 5 memainkan pertunjukan lokal dan membangun basis fans yang kuat. Mereka merekam singel sendiri, "Big Boy" dan "You've Changed", tetapi gagal untuk mendapatkan hasil memuaskan.


Penampilan Jackson 5 Bersama Diana Ross dan Sammy Davis Jr


Mereka kemudian berpindah menjadi band pembuka untuk artis-artis R&B terkenal seperti Gladys Knight & Pips, James Brown, dan Sam & Dave. Banyak pemain tersebut bernaung di bawah label rekaman legendaris Motown, dikabarkan bahwa Gladys Knight lah yang mengenalkan pendiri Motown Berry Gordy dengan Jackson 5. Terkesan oleh grup ini, Gordy mengontrak mereka ke label-nya pada tahun 1968.

Pindah ke Los Angeles, Michael dan saudara-saudaranya memulai kiprah di industri musik dengan ayah mereka sebagai manajer. Mereka tinggal bersama Gordy dan juga dengan vokalis "The Supremes" Diana Ross ketika mereka pertama kali tiba di sana. Pada bulan Agustus 1969, Jackson 5 diperkenalkan pada masyarakat industri musik dalam sebuah acara khusus, dan kemudian tampil sebagai band pembuka untuk "The Supremes". Album pertama mereka, "Diana Ross Presents Jackson 5", menembus chart di bulan Desember tahun itu. Single pertama, "I Want You Back", menjadi No 1 di Billboard Hot 100 chart pada bulan Januari 1970. Kemudian dengan cepat diikuti single-single berikutnya, seperti "ABC", "The Love You Save" dan "I'll Be There". (bersambung)

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S