Manfaat Minyak Esensial

Minyak esensial adalah ekstraksi dari tumbuhan yang dapat diperoleh dari bunga, daun, akar, batang, buah dan biji. Minyak esensial itu mengandung zat aktif yang memberikan rangsangan secara holistik, baik pikiran, perasaan maupun fisik. Selain bisa dihirup, minyak esensial ini juga bisa diserap kulit, masuk pembuluh darah, dan bisa memberi efek langsung ke organ tubuh.

minyak-esensial
Minyak Esensial
Cara kerja minyak esensial ini cukup ajaib. Sebab hanya dari aromanya saja bisa langsung berpengaruh pada otak. Respon yang dihasilkan otak bisa berbeda-beda tergantung dari jenis minyak esensial yang dihirup. Beberapa respon otak dari pengaruh minyak esensial adalah sebagai berikut:

  • Perasaan bersemangat yang disebabkan aktifnya bagian otak di locus cereous yang menghasilkan noradrenalin.
  • Meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh aktifnya bagian otak raphe nucleus yang menghasilkan serotonin.
  • Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang disebabkan olek aktifnya bagian otak amygdala dan hippocampus yang menghasilkan neurosekretor. 
  • Menimbulkan perasaan gembira yang disebabkan karena aktifnya bagian otak thalamus yang menghasilkan encephlins.
  • Perasaan birahi yang disebabkan oleh aktifnya bagian otak hypotalamus yang menghasilkan neurosekretor.
  • Menghilangkan perasaan gelisah yang disebabkan oleh aktifnya bagian otak pituitary yang menghasilkan endorphins.
Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari minyak esensial. Tapi tentunya manfaat-manfaat tersebut diperoleh dari jenis minyak esensial yang berbeda. Manfaat yang sungguh menakjubkan ini dikarenakan minyak esensial adalah 100% murni terbuat dari tumbuhan tanpa adanya campuran bahan apapun sehingga benar-benar efektif hasilnya. 

minyak-esensial
Minyak Zaitun
Karena sangat murni, untuk menghasilkan satu kilogram minyak esensial "Jasmine" dibutuhkan 8 juta kuntum bunga melati segar. Belum lagi untuk Minyak esensial "Rose" yang membutuhkan 2 ton mawar untuk menghasilkan 1 kilogram minyak esensial. 

Karena itulah maka harga dari minyak esensial ini tergolong relatif mahal, tapi harga yang relatif mahal tersebut sebanding dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari setiap tetes minyak esensial.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S