Jenis Dan Manfaat Minyak Esensial

Terapi aroma makin banyak diminati banyak orang. Tak heran jika dewasa ini banyak cara yang ditawarkan untuk dapat menikmati terapi aroma. Mulai lewat pijatan, lilin aromatherapy, minyak yang dibakar, olesan dan sebagainya.

Dalam proses terapi aroma itu sendiri, yang menjadi poin utama adalah minyak esensial. Minyak itulah yang bermanfaat untuk menenangkan, membangkitkan semangat, menyembuhkan, dan menenagkan pikiran.

Jenis minyak esensial di dunia ini sangat beragam hingga ribuan jumlahnya, yang masing-masing mempunyai manfaat dan khasiat tersendiri. Berikut ini diantaranya:

  • Lavender: Menenangkan, menimbulkan perasaan rileks, menjernihkan hati dan pikiran, mengurangi stress dan emosi yang tidak seimbang.
  • Jasmine: Menjernihkan pikiran, mengurangi depresi, stress, sakit saat menstruasi, dan dapat pula meningkatkan gairah suami-istri.
  • Eucalyptus: Meningkatkan konsentrasi, vitalitas, mengurangi gejala flu, menjaga keseimbangan emosi, serta mengusir serangga dan bau tak sedap.
  • Peppermint: Meningkatkan rasa percaya diri, konsentrasi, rasa percaya diri, sugesti positif, menghilangkan rasa lelah, panik dan sakit kepala.
  • Lemon: Bisa sebagai antioksidan, memperbaiki metabolisme tubuh, antiseptik, memberikan rasa gembira dan rasa nyaman.
  • Orange: Mengatasi kulit berminyak, mengatasi gejala flu, demam, menurunkan tekanan darah tinggi dan mengatur detak jantung.
  • Ylang-ylang: Menciptakan rasa senang, rasa aman, romantisme dan memberikan rasa tenang. Selain itu dapat juga menghilangkan ketegangan otot, serta meredakan sakit selama menstruasi.
  • Lemongrass: Mengatasi kejang otot, rematik, antiseptik, mengurangi minyak berlebih di rambut dan kulit, menyembuhkan jerawat.
  • Frangipani: Memberikan perasaan gembira, bersemangat, meningkatkan rasa percaya diri, menurunkan stress, dan mengendurkan otot yang kaku.
Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dari minyak esensial. Silahkan anda mencobanya sesuai dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan trainer aromatherapy yang berpengalaman. 

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S