Apa Penyebab Kulit Wajah Berminyak?

kulit-wajah-berminyak
ilustrasi
Memiliki kulit wajah berminyak memang tidak mengenakkan, karena sering memudahkan munculnya jerawat. Sayangnya, banyak yang tidak tahu cara perawatan kulit wajah yang berminyak secara benar sehingga malah menyebabkan jerawat makin bermunculan.

Banyak hal yang bisa menyebabkan kulit berminyak, salah satunya adalah faktor genetik. Kalau penyebab kulit wajah berminyak adalah faktor genetik, tentu saja tidak bisa di ganggu gugat. Seseorang yang terlahir dari orangtua yang memiliki kulit berminyak akan cenderung untuk mewarisi jenis kulit berminyak orangtua-nya dan itu akan terbawa terus selamanya. Karena jenis kulit tidak bisa berubah dari lahir hingga mati.

Yang bisa dilakukan bagi pemilik kulit wajah berminyak karena faktor genetik adalah mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah agar tidak tumbuh jerawat.

Pada dasarnya penyebab utama kulit wajah berminyak adalah karena kelenjar minyak di wajah yang terlalu aktif sehingga menghasilkan minyak secara berlebih. Faktor lainnya seperti pola makan juga mempengaruhi kulit jadi mudah berminyak. Sebab ada makanan yang memang memicu produksi minyak di kulit. Misalnya makanan yang banyak mengandung vitamin E. Jadi jika kamu ingin mengurangi minyak pada kulit wajah, sebaiknya menghindari makanan yang banyak mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan.

Meskipun begitu makanan bukanlah satu-satunya faktor penyebab kulit wajah menjadi berminyak. Hanya mereka yang memang memiliki tipikal kulit berminyak yang akan semakin bertambah produksi minyak pada wajah jika memakan makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin E.

Gaya hidup juga bisa mengakibatkan kulit berminyak, gaya hidup yang saya maksud adalah merokok. Ya, merokok dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit terutama kulit wajah. Selain itu adalah faktor hormonal. Hormon yang tidak seimbang ketika masa puber, menstruasi atau semasa kehamilan adalah salah satu penyebab kulit cenderung berminyak. faktor hormonal ini bisa berlangsung dalam waktu yang singkat ataupun bisa juga dalam waktu yang panjang.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S