Flaxseed: Fakta, Kandungan Nutrisi, Manfaat

Beberapa orang menganggap flaxseed adalah bahan "makanan ajaib", diperkuat dengan adanya bukti bahwa flaxseed mampu melawan stroke, penyakit jantung, kanker, diabetes. Mungkin ini terdengar berlebihan dan "overclaim" mengingat biji-bijian ini telah dikenal selama ribuan tahun. Namun, marilah kita telaah lebih lanjut tentang keistimewaan flaxseed ini.

Flaxseed adalah biji/benih dari tanaman flax, kalau bagi orang lokal lebih dikenal sebagai bunga rami (Linum usitatissinum). Tanaman dari famili Linaceae ini banyak tumbuh di benua amerika. Bentuknya sedikit lebih besar dari biji wijen yang kita kenal, memiliki 2 warna yakni merah kecoklatan dan keemasan.
Flaxseed

Flaxseed telah telah dikenal sejak 3000 tahun SM. Kini, 5000 tahun kemudian, para ahli gizi dan ilmuwan masih meneliti tentang manfaat dan khasiat flaxseed.

Produk Makanan Berbahan Flaxseed

Dewasa ini flaxseed banyak ditemukan sebagai bahan tambahan dari berbagai produk makanan olahan, dari kue cracker, roti, oatmeal sampai makanan beku. Ide-ide kreatif terus dikembangkan dalam usaha memasukkan flaxseed kedalam menu makanan sehari-hari tanpa menghilangkan kandungan nutrisinya, ini adalah usaha yang sangat menantang. Bahkan flaxseed dikembangkan sebagai pakan ternak untuk ayam petelur, untuk menghasilkan telur ayam yang kaya kandungan omega-3.

Kandungan Nutrisi Flaxseed

Walaupun banyak sekali kandungan nutrisi menyehatkan pada flaxseed, ada 3 komponen utama yang berperan menjadikan flaxseed memiliki reputasi sebagai makanan sehat, yaitu:

  1. Serat. Flaxseed mengandung serat pangan lengkap (soluble dan insoluble) cukup banyak untuk memenuhi asupan serat harian yang disarankan. 
  2. Omega-3. Fakta bahwa flaxseed adalah bahan makanan sumber omega-3 alami terbanyak di muka bumi tak terbantahkan. Omega-3 adalah asam lemak yang tidak bisa secara alami diproduksi tubuh, jadi harus didapatkan dari makanan sebagai bagian dari pola makan yang sehat. Kandungan asam lemak omega-3 pada flaxseed, disebut 15 kali lebih banyak dari ikan salmon, lebih hebatnya lagi, karena ini nabati (berasal dari tumbuhan) maka bebas kolesterol.
  3. Lignan. Flaxseed merupakan makanan sumber lignan (zat anti kanker) terbaik (0,3 g per 100 g). Lignan adalah senyawa seperti serat namun disamping memiliki manfaat serat, juga memberikan perlindungan seperti antioksidan, karena terbentuk dari polyphenols. 

Manfaat Flaxseed bagi Kesehatan

  • Membantu meringankan proses menopause serta memperlambat penuaan dini.
  • Membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah.
  • Membantu meningkatkan fungsi kognitif otak.
  • Meningkatkan kesehatan jantung.
  • Melawan osteoporosis.
  • Meningkatkan kesehatan ginjal.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas).
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Meningkatkan metabolisme dan sangat baik untuk meningkatkan massa otot.
  • Mengandung vitamin E, C, B1-B9, kalsium, zat besi, magnesium, tembaga, kalium, mangan, dan fosfor.
  • Membantu pencernaan, mengurangi resiko konstipasi dan wasir.
Itulah beberapa fakta tentang flaxseed yang perlu anda ketahui, Ternyata memang banyak sekali khasiat dan manfaat yang bisa didapat dari flaxseed ini bukan? Keistimewaan lain dari flaxseed adalah sifatnya yang tidak berasa dan mengubah rasa, sehingga bisa dikonsumsi dengan cara dicampur dengan berbagai bahan makanan lain tanpa mengubah rasa asli dari masakan itu.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S