Detail cara menghitung dimensi anak tangga untuk bangunan rumah tinggal

Tangga merupakan salah satu bagian terpenting pada rumah tinggal. Bukan hanya karena fungsinya sebagai penghubung utama antar lantai namun juga ada sebagian orang yang menganggap bahwa ukuran, dimensi, letak serta jumlah anak tangga pada rumah mampu mempengaruhi energi rumah secara keseluruhan. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi cara menghitung anak tangga yang ideal untuk rumah tinggal sesuai dimensi ruang yang ada.

Aspek kenyamanan dan keindahan

Menggunakan rumus menghitung jumlah anak tangga dalam pembangunan sebuah rumah tinggal bertujuan untuk memaksimalkan aspek keindahan sekaligus kenyamanan secara bersamaan pada bentuk dan dimensi tangga. Untuk membuat tangga yang nyaman berati tidak terlalu curam maupun terlalu landai. Rumusnya adalah 2t + l = (60 - 65) cm. T adalah tinggi anak tangga (optrade), sedangkan L adalah lebar tapak anak tangga (antrede). Sementara rentang 60 - 65 cm merupakan lebar langkah ideal rata-rata orang dewasa. Perlu dipahami bahwa saat berjalan menaiki tangga bebannya 2 kali lipat daripada jika berjalan biasa.

Untuk tinggi anak tangga (optrede) yang ideal adalah 16-20 cm agar mudah di daki. Sedangkan untuk lebar tapak anak tangga (antrede) yang ideal berada pada kisaran 26-30 cm agar telapak kaki bisa berpijak dengan nyaman pada aantrade.

Sedangkan untuk menentukan lebar tangga ideal, faktor penentunya adalah berapa jumlah orang yang melalui tangga tersebut. Lebar tangga ideal minimal untuk rumah tinggal adalah 80 cm.

Sudut kemiringan dan jumlah anak tangga

Idealnya sudut kemiringan tangga yang baik adalah sekitar 40 derajat dimana semakin rendah sudut kemiringannya berati semakin landai tangga. Walaupun tangga yang landai juga berarti semakin nyaman menaikinya (tidak bikin capek), namun tangga yang landai akan memakan banyak tempat. Sudut kemiringan yang lebih tinggi dari sudut kemiringan ideal membuat tangga terlalu curam yang berpotensi bahaya terutama bagi anak-anak.

Misalnya kita menginginkan optrede 18 cm dengan aantrade 30 cm untuk tangga yang kita bangun, dengan begitu kita bisa menghitung menggunakan rumus 2 x 17 + 30 = 64. Jumlah ini masih berada pada kisaran ideal 60-65 cm.

Untuk menghitung jumlah anak tangga, pertama-tama anda harus menentukan jarak antara permukaan lantai bawah dengan lantai atas. Misalnya jaraknya adalah 4 meter (400 centimeter), disini kita bisa menghitung dengan rumus 400/17 - 1 = 22,52 dibulatkan menjadi 23 anak tangga. Jika ada selisih penghitungan, ada 2 alternatif yang bisa dilakukan:
  1. Jika terlalu banyak selisihnya, bisa dibagi merata pada setiap optrede.
  2. Jika selisihnya sedikit, 1 atau 2 cm bisa dibagi pada anak tangga terbawah dan atau teratas.
Demikianlah detail cara menghitung dimensi anak tangga yang ideal untuk rumah tinggal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang membangun rumah. Berikut ini adalah beberapa contoh model tangga yang mungkin bisa dijadikan referensi.





Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S