Tips memilih minyak zaitun berkualitas terbaik sesuai kebutuhan

Saat kita ingin membeli minyak zaitun banyak sekali jenis minyak zaitun yang ditawarkan. Semua terlihat bagus, extra virgin, virgin, light, pomace, filtered, cold pressed, stone milled, organic, pure, dll ... . Tentunya jika tidak mengerti tentang arti dari pelabelan minyak zaitun, kita akan dibuat pusing menentukan mana minyak zaitun dengan kualitas terbaik sesuai kebutuhan kita yang darinya kita berharap mendapatkan berbagai manfaat dari rasa maupun kesehatan.

Salah satu contoh adalah minyak zaitun yang diberi label "pure" pada botolnya. Kedengaranya seperti sesuatu yang baik yang oleh kebanyakan konsumen minyak zaitun yang belum paham akan dikira sebagai minyak zaitun "murni" yang tentu saja berkualitas terbaik. sayangnya ini tidak benar, bahkan faktanya minyak zaitun dengan label "pure" merupakan kualitas lebih rendah.
minyak-zaitun-extra-virgin
Label kemasan minyak zaitun

Minyak zaitun berkualitas terbaik adalah extra virgin. Minyak zaitun grade A dengan aroma dan rasa unggulan yang didapat dari perasan buah zaitun pertama dengan kadar keasaman dibawah 0.8%. Kata "virgin" disini mengindikasikan bahwa minyak didapat dari perasan buah zaitun secara alami tanpa menggunakan metode kimiawi. Jadi kapanpun kata "virgin" digunakan dalam pelabelan minyak zaitun, contoh: Extra Virgin, Virgin, Ordinary Virgin and Lampante Virgin adalah merujuk pada proses pengolahan.

Tips memilih minyak zaitun "extra virgin" yang asli

Saat anda ingin membeli minyak zaitun di toko maupun supermarket yang menjual minyak zaitun, banyak sekali merk dengan berbagai kemasan yang ditawarkan. Semua kelihatannya berkualitas bagus dan di klaim sebagai minyak zaitun berkualitas terbaik dari yang lain. Tapi apakah benar demikian adanya? Berikut ini adalah beberapa tips membeli minyak zaitun "extra virgin" yang patut anda perhatikan untuk menentukan pilihan terbaik:

  • Periksa dari mana minyak zaitun berasal. Walau di label tertulis dikemas atau diproduksi di Italy misalnya, bukan berarti itu adalah minyak zaitun asli Italy. Umumnya minyak zaitun berasal dari negara-negara mediterania seperti Tunisia, Spanyol, Yunani, Turki, dll. Di Italy hanya untuk dikemas. Itu adalah proses yang sangat panjang sementara kita tahu bahwa minyak zaitun yang baik adalah yang paling cepat diproses setelah dipanen. Jadi dapat kita simpulkan bahwa minyak zaitun yang baik adalah yang berasal, diproses, dikemas di lokasi yang sama.
  • Jangan menilai dari warnanya. Kita tahu bahwa minyak zaitun yang asli berwarna hijau bukannya kuning. Tapi jika hanya ini patokan anda dalam menentukan pilihan, anda akan mudah sekali tertipu. Produsen minyak zaitun abal-abal mudah saja mengakali warna minyak mereka menjadi lebih hijau untuk menipu konsumen yang awam.
  • Periksa tanggal panen. Minyak zaitun berbeda sifatnya dengan anggur yang semakin lama disimpan semakin bagus. Minyak zaitun jika disimpan dalam lingkungan yang sempurna, hanya akan terjaga selama 2 tahun kualitasnya. Belilah minyak zaitun yang tidak melebihi satu tahun dari tanggal panennya. Jika tanggal panen tidak tertera pada label, lebih baik anda tidak memilih itu karena produsen minyak zaitun yang jujur akan mencantumkan tanggal panen dan asal-usul minyak zaitun produksi mereka dengan bangga.
  • Lakukan test aroma dan rasa. Tiga tips diatas saya rasa sudah cukup untuk membantu anda menentukan minyak zaitun "extra virgin" asli kualitas terbaik. Namun, lakukanlah test aroma dan rasa terhadap minyak zaitun yang akan anda beli jika memungkinkan. Minyak zaitun yang baik memiliki aroma dan rasa yang khas. 

Minyak zaitun untuk memasak

Minyak zaitun kualitas terbaik memang yang "extra virgin" namun minyak zaitun jenis ini tidak cocok untuk memasak. Extra virgin olive oil sebaiknya dikonsumsi mentah agar tetap mendapat rasa dan nutrisi terbaik darinya. Penggunaan minyak zaitun untuk memasak sebaiknya menggunakan minyak zaitun jenis "extra light" atau "pure olive oil". Kedua jenis minyak zaitun ini memiliki aroma dan rasa yang lebih ringan daripada yang "virgin". Keduanya juga memiliki warna yang berbeda yakni kuning keemasan dan biasanya dikemas dalam botol bening. Berbeda dari jenis minyak zaitun "extra virgin" yang dikemas dalam botol hijau gelap. 

Itulah beberapa tips memilih minyak zaitun berkualitas terbaik sesuai kebutuhan, baik untuk kebutuhan memasak ataupun memilih minyak zaitun "extra virgin" yang banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. 

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S