Beberapa penyebab seseorang terjangkit kutu rambut

Kutu rambut merupakan masalah serius bagi manusia. Serius? Hari gini masih kutuan? Iya, di era yang serba modern dengan berbagai jenis shampo untuk rambut ditambah bermacam-macam jenis perawatan rambut yang ditawarkan di salon-salon kecantikan, kutu rambut tetap merupakan "fenomena" tersendiri. Tahukah anda, kebiasaan ber-selfie ria adalah salah satu penyebab seseorang tertular kutu rambut dari temannya.

Saat kita melakukan foto selfie bersama teman-teman, tanpa kita sadari kepala kita saling menempel. Tidak menjadi masalah jika rekan kita ber-selfie tidak memiliki kutu rambut. Namun jika teman kita rambutnya berkutu, dan kita saling menempelkan kepala satu sama lain, dari sinilah masalah kutu rambut berawal. Kutu rambut dari kepala teman kita akan bermigrasi ke kepala kita.
kutu-rambut
Kutu rambut

Rambut yang berkutu tentunya sangat mengganggu, rasa gatal yang sangat hebat sangat mengganggu kenyamanan dan kesehatan rambut dan kulit kepala. (baca: Cara menghilangkan kutu rambut alami metode tradisional) Rasa gatal hebat membuat anda sering menggaruk kepala yang menyebabkan kulit kepala menjadi iritasi, kering dan menimbulkan ketombe. Bukan itu saja, masalah yang lebih serius bisa saja terjadi karena kebiasaan menggaruk kulit kepala ini. Misalnya terjadinya infeksi kulit kepala.

Untuk mencegah agar rambut dan kulit kepala tetap sehat tidak terjangkit kutu rambut, perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Selalu jaga kebersihan diri terutama rambut dengan keramas minimal 2 hari sekali. Dengan selalu menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, akan meminimalisir perkembang-biakan kutu rambut. Rambut dan kulit kepala yang kotor dan kurang terpelihara kebersihannya akan mengundang kutu rambut untuk hinggap dan bertelur.
  2. Kebersihan lingkungan harus juga diperhatikan. Yang saya maksud lingkungan di sini adalah apa saja yang bersentuhan dengan rambut. Bantal, handuk, topi, sisir, selimut, apapun itu jika memungkinkan untuk bersentuhan dengan rambut harus anda jaga kebersihannya. Kutu rambut sangat suka lingkungan yang kotor dan lembab. Jangan biarkan baju kotor menumpuk terlalu lama yang akan menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman. 
  3. Bergaul dengan seseorang yang berkutu juga dapat meningkatkan resiko seseorang terjangkit kutu rambut. Kutu rambut sangatlah lincah dan mudah saja melompat dari kepala seseorang ke kepala orang lain. Hal ini bisa diperparah dengan kebiasaan selfie bareng atau saling bertukar sisir, topi, kerudung dan lain-lain.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terhidar dari masalah kutu rambut yang sangat menyiksa. Kutu rambut tidak akan mudah menjangkiti anda jika anda selalu menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala serta meminimalisir resiko tertular kutu dari teman.

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S