Mengenali Kandungan Gizi Dari Warna Makanan

Kandungan zat gizi yang terdapat di dalam makanan dapat dikenali dari warnanya. Berikut ini adalah warna makanan dan zat gizi yang terkandung di dalamnya:

Merah
Kelompok makanan berwarna merah memberikan banyak energi. Tomat, semangka, grapefruit (semacam jeruk besar yang berwarna merah muda) dan paprika atau cabai merah mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C dan senyawa-senyawa bermanfaat seperti lycopene, suatu zat gizi yang membantu menetralisir radikal-radikal bebas yang merusak sel-sel sehat.

Orange
Aprikot, wortel, labu kuning, ketela manis, dan makanan organik lain yang berwarna orange mengandung banyak alfa dan beta karoten yang membantu melindungi tubuh dari kanker. Makanan-makanan berwarna orange juga baik bagi kesehatan kulit.

Hijau
Banyak sekali makanan alami yang berwarna hijau. Akan tetapi sayuran yang berwarna hijau tua seperti brussel sprout (semacam taoge), dan bokchoi mengandung senyawa-senyawa yang dapat melindungi tubuh kita dari penyakit kanker.
brokoli,

Hijau Muda
Bawang prei, scallion (sejenis bawang merah), bawang putih, bawang bombay, lokio (semacam bawang putih) dan lain-lain yang termasuk dalam keluarga bawang-bawangan mengandung banyak alicin, suatu senyawa yang diyakini mampu mencegah tumor. Buah pir dan buah-buahan lain yang berwarna hijau muda menganung antioksidan yang menyehatkan.

Kuning Hijau
Melon, alpukat, jagung kuning, dan bahkan kacang hijau mengandung lutein dan azaxanthin yang dipercaya dapat membantu mata agar lebih fokus dan terbebas dari sakit mata.

Merah Keunguan
Buah anggur, terong, bit, cranberries, blackberries, blueberries, dan apel merah semua mengandung zat-zat antiaging (zat anti penuaan dini) serta berbagai antioksidan yang diyakini dapat melindungi kita dari penyakit jantung.

Demikianlah tips mengenali kandungan gizi dalam makanan dari warnanya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda untuk menambah wawasan tentang gizi yang terkandung dalam makanan.

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S