Makna kata endorse adalah

Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah endorse diucapkan baik di media televisi maupun di media sosial seperti Instagram. Dan selalu berhubungan dengan seorang artis atau selebritis. Kayak suatu ketika saat Raffi Ahmad bilang ke rekannya sesama selebritis bahwa peralatan bayi yang dipakai anaknya yakni Rafatar adalah hasil endorse-an. Rekan-rekan Raffi pun tertawa, karena mereka paham arti kalimat Raffi tentang endorsement.
Arti kata endorse

Kita pun geli juga melihat mereka tertawa, walaupun mungkin ada diantara kita yang tidak mengerti arti kata endorse yang dikatakan Raffi.

Bukan hanya artis atau selebritis, sering kita jumpai di halaman Instagram seseorang yang memiliki banyak follower, banyak komen-komen yang menyebut kata- kata endorse. Biasanya penawaran endorse itu berasal dari akun Online Shop.

Arti kata endorse dalam bahasa Indonesia

Kata endorse berasal dari bahasa Inggris endorsement yang jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti dukungan atau sokongan (sumber: google translate). Namun istilah endorse yang digunakan olshop, artis atau seleb di Instagram, memiliki makna yang agak berbeda.

Makna endorse artis oleh olshop atau vendor

Ketika ada online shop atau vendor mengatakan ingin meng "endorse" seseorang, itu artinya mereka ingin menawarkan suatu bentuk kerjasama bisnis pada orang tersebut. Seperti layaknya iklan, tujuan utamanya adalah meningkatkan popularitas produk atau brand awareness dari online shop atau vendor dengan memanfaatkan popularitas sang artis.

Kesepakatan yang terjadi akan menguntungkan kedua belah pihak. Sang artis atau seleb akan mendapatkan keuntungan berupa hak untuk mendapatkan kompensasi dari perjanjian tersebut. Biasanya berupa hak untuk mendapatkan produk dari vendor secara gratis, atau mendapatkan bayaran, atau keduanya sekaligus. Dengan syarat, si artis akan mengunggah foto atau video di akun Instagram atau  media social lain saat memakai produk dari vendor dan menyebutkan merk vendor di caption. Keuntungan yang diperoleh pihak vendor adalah brand awarenes dan popularitas produk mereka.


Cara mendapatkan endorse

Seperti kita ketahui, pihak peng-endorse atau vendor banyak memilih para artis atau selebritis untuk mereka endorse. Itu karena mereka para vendor menganggap popularitas sang artis bisa membantu meningkatkan brand awareness terhadap produk mereka. Intinya adalah popularitas, jadi walaupun anda bukanlah seorang artis, asalkan anda populer, andapun bisa mendapatkan endorsement dari vendor.

Mungkin anda adalah seorang penulis, atlet, chef, politikus atau seseorang yang memiliki banyak follower di instagram dan media sosial lain karena menginspirasi banyak orang dengan aktivitas keseharian anda. Asalkan anda populer, anda layak mendapatkan sebuah endorsement yang menguntungkan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membersihkan dan merawat wajan besi baru beli

Arti gelar Lc dibelakang nama ustadz

Tutorial Bergambar Cara Setting Ulang Modem Speedy Merk ZTE type ZXV10 W300S